Tongkat Komando Bung Karno

94e514a9475b1603_large

Menengok para pemimpin dunia yang memegang kekuasaan bersamaan dengan Presiden Soekarno senantiasa memiliki ciri khas penampilan tersendiri. Yaser Araffat tak pernah lepas dari surban di kepala serta pistol di pinggang. Nehru senantiasa kental dengan busana khas indianya, dan untuk kita bangsa Indonesia senantiasa akan mengenang Presiden Soekarno dengan tongkat komandonya.

Tongkat komando yang senantiasa dibawa oleh Presiden Soekarno saya pandang sebagai hal yang wajar, mengingat jabatan Presiden Soekarno sebagai Panglima Tertinggi ABRI. Maka suatu hal yang wajar dan sudah semestinya apabila dia membawa tongkat komando sebagaimana para Panglima Angkatan yang lain.

Akan tetapi, tidak begitu dari kacamata spiritual. Kalangan yang percaya hal-hal ghaib. Kalangan yang percaya adanya kekuatan tertentu pada benda-benda keramat. Kalangan yang percaya adanya hal-hal metafisik yang tidak bisa dibahas dengan kalimat lugas, dan tidak bisa dinalar dengan pola pikir normal. Nah, kelompok ini, begitu eksis di Indonesia, sejak dulu sampai sekarang.

Di antara kalangan mereka, percaya betul bahwa tongkat komando Bung Karno bukanlah sembarang tongkat. Tongkat komando Bung Karno adalah tongkat sakti, yang berisi keris pusaka ampuh. Bahkan, kayu yang dibuat sebagai tongkat pun bukan sembarang kayu, melainkan kayu pucang kalak. Pucang adalah jenis kayu, sedangkan Kalak adalah nama tempat di selatan Ponorogo, atau utara Pacitan. Di pegunungan Kalak terdapat tempat persemayaman keramat. Nah, di atas persemayaman itulah tumbuh pohon pucang.

Ada begitu banyak jenis kayu pucang, tetapi dipercaya pucang kalak memiliki ciri khas. Salah satu cara untuk mengetes keaslian kayu pucang kalak, pegang tongkat tadi di atas permukaan air. Jika bayangan di dalam air menyerupai seekor ular yang sedang berenang, maka berarti kayu pucang kalak itu asli. Tetapi jika yang tampak dalam bayangan air adalah bentuk kayu, itu artinya bukan pucang kalak. Pucang biasa, yang banyak tumbuh di seantero negeri.

Begitulah sudut pandang mistis masyarakat spiritual terhadap tongkat komando Bung Karno. Alhasil, tidak sedikit yang menghubungkan dengan besarnya pengaruh Sukarno. Tidak sedikit yang menghubungkan dengan kemampuannya menyirap kawan maupun lawan. Tidak sedikit yang menghubungkan dengan “kesaktian” Sukarno, sehingga lolos dari beberapa kali usaha pembunuhan.

Apa kata Bung Karno? “Ah… itu semua karena lindungan Allah, karena Ia setuju dengan apa-apa yang aku kerjakan selama ini. Namun kalau pada waktu-waktu yang akan datang Tuhan tidak setuju dengan apa-apa yang aku kerjakan, niscaya dalam peristiwa (pembunuhan) itu, aku bisa mampus

Kesukaan Presiden Soekarno terhadap tongkat komando maupun sebuah keris disebakan nilai seni serta sejarah yang ada pada keris tersebut. Bukan pada unsur mistik. Dan satu hal yang perlu kita catat disini adalah Presiden Soekarno sebagai seorang muslim yang taat memiliki wawasan keislaman yang selaras dengan Muhammadiyah, dan senantiasa bertukar fikiran dengan A. Hasan. Dan kita semua tahu bagaimana Muhammadiyah dan A. Hasan memandang tentang mistik.

Salam: Revolusi

About these ads

12 Komentar

  1. foto tongkat komando diperbanyak……………..ok

  2. Oke selau untuk Rifki

  3. Ada nih tongkat komando keramat yang mau dijual ,… :) call 02744333585

  4. Kami ada 2 buah Tongkat Soekarno, tongkat yg pertama berukiran kepala soekarno pada pangkalnya, ada sertifikat serta uang Rp. 1000 BK1 tahun 1964 didalam tongkat. tongkat yang kedua berukir kepala garuda tanpa sayap pada pangkalnya dan apabila dibuka ada pisau bertuliskan rajah arab..
    kedua tongkat asli..
    dan kami juga punya peralatan soekarno yang lain, lukisan soekarno dengan istri pertamanya inggit, uang soekarno dengan bermacam pecahan..mulai dari Rp. 1 s/d Rp. 450.000…untuk pecahan Rp. 450.000 cuma 1 lembar bergambar soekarno pada sisi depan dan sisi belakang ada gambar ibu2 mencuci disungai sambil menggendong anak warna merah bata..
    ada juga pecahan Rp.1000 transparan dengan rajah arab serta ada juga pecahan Rp. 1000 dua warna pada 1 pecahan tampilan depan soekarno warna merah bata tampilan belakang serimpi 7 warna hijau daun..
    kami juga ada benda yang lainnya..
    Harga nego..

    berminat (serius) hubungi :

    081374429355
    081374065678

  5. Saya kagum dengan tokoh Soekarno saat beliau masih menjabat sebagi Presiden RI pertama,kala itu Usia saya masih umur 5 Th s/d 9 Th,jadi masih dpt mengenang Tokoh Soekarno tsb, maslah Tongkat Komando sy kira memang mengandung kekuatan Ghoib,tp kita sebagai umat Islam jgn terlalu mendewakan atau mengagungkan benda tsb,krn akan membawa kita ke arah MUSRYIK,
    smg amanah sy ini dpt menyadarkan bagi yg khilaf menanggapi Tongkat Komando yg sangat berlebihan.

    Wassalaam,

  6. Itu tidak benar, Tongkat BK hanyalah sebuah tongkat komando. BK seorang muslim sejati yang tak percaya hal begituan. Semua itu hanya izin Allah. Jangan lihat tongkatnya aja, tapi juga baca sejarah beliau dari sudut keagamaannya.

  7. ada orang pintar tongkat bung karno no 01 gurunya dari surabaya ,
    saya punya tongkat dari mbah saya ( rijadi ) katanya nomor 03 dari guru yang sama.

  8. TETANGGA SAYA PUNYA TUH KATA NYA TONGKAT SOEKARNO

  9. TONGKAT SOEKARNO HANYA ADA 1 DAN TDAK ADA DUANYA -_-

  10. soekarno is the best dan skrg ada disurga…… soeharto pasti lg dineraka

  11. itu tongkat namanya kolomunyeng bukan?

  12. siapa yang bisa menjelaskan asal usul tongkat tersebut……………. saya pernah di ceritakan bapak saya yang sudah sepuh tapi belum terlalu yakin


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 159 pengikut lainnya.