Benarkah Soekarno Komunis ?

bk-berdoa

Pertanyaan diatas sudah terlalu sering kita dengar. Terlebih diawal berdirinya ORBA atau saat-saat awal runtuhnya kekuasaan Bung Karno.

Mengapa isyu itu harus dihembuskan ? Jawabnya hanya satu: Masyarakat Indonesia sangat religius dan sangat sulit menerima kehadiran seorang komunis. Maka hanya dengan mengisyukan bahwa Soekarno komunislah usaha untuk melepaskan ikatan batin antara Soekarno dan masyarakat yang mencintainya akan berhasil.

Bung Karno, lahir bukan dari keluarga muslim dalam pengertian seperti keluarga “pak haji”. Ibunya dari Bali, yang tentu saja sebelumnya memeluk Hindu sebagai keyakinannya. Ayahnya? Seperti kebanyakan muslim Jawa tempo doeloe, yakni seorang muslim “abangan”, cenderung kejawen. Dia mengenal rukun Islam, dia menjalankan kewajiban-kewajiban sebagai orang Islam, tetapi juga menjalankan ritual-ritual kejawen yang sarat mistik.

Perkenalan Sukarno dengan Islam lebih dalam, diakuinya saat usia 15 tahun, saat ia duduk di bangku HBS. Yang memperkenalkan adalah H.O.S. Cokroaminoto. Ia bahkan terbilang rajin mengikuti pengajian Muhammadiyah, di sebuah tempat di seberang Gang Peneleh, Surabaya, tempat ia tinggal bersama keluarga Cokro. Sekali dalam sebulan, ia mengaji di sana, dari pukul 20.00 hingga larut malam.

Akan tetapi, pendalaman terhadap Alquran diperoleh tahun 1928, saat ia mendekam di sel nomor 233 penjara Sukamiskin, Bandung. Segala bacaan yang berbau politik dilarang, jadilah ia mendalami Alquran sedalam-dalamnya. Kepada penulis biografinya, Cindy Adams, Bung Karno mengaku, sejak itu ia tak pernah meninggalkan sujud lima kali sehari menghadap ka’bah: Subuh, dhuhur, ‘asar, maghrib, dan isya.

Sejak itu pula, segala sesuatu dijawabnya dengan “Insya Allah — Kalau Tuhan menghendaki.” Mungkinkah seseorang yang sujud lima kali sehari menyembah Allah SWT adalah seorang komunis? Tanyalah dia, “He, Sukarno, apakah engkau akan pergi ke Bogor minggu ini?” Dan Sukarno akan menjawab, “Insya Allah, kalau Tuhan mengizinkan saya pergi.” Mungkinkan orang yang demikian dapat menjadi seorang komunis?

Ia sendiri meragukan kalau ada manusia yang bertahun-tahun disekap dalam dunia penjara yang gelap, tetapi masih meragukan adanya Tuhan. Akan halnya Sukarno, ia bertahun-tahun mendekam di balik jerajak besi. Malam-malam yang gelap, ia hanya bisa mengintip kerlip bintang di langit dari sebuah lubang penjara yang sempit. Manakala rembulan melintas, sejenak sinarnya mengintip Bung Karno di dalam penjara.

Masa-masa yang gelap di dalam penjara, masa-masa di mana ia tak bisa menelan bulat-bulat indahnya purnama dan bintang-gemintang, Bung Karno hanya bisa tertunduk sendiri. Ia sungguh tak tahu nasib akan berkata apa saat fajar menyingsing nanti. Sukarno menuturkan, dalam keadaan seperti itulah, sholat malam menjadi begitu khusuk.

Pengkajian alquran yang intens, menempatkan kesadaran tertinggi seorang Sukarno, bahwa Tuhan bukanlah suatu pribadi. Tuhan tiada hingganya, meliputi seluruh jagat raya. Ia Maha Kuasa. Ia Maha Ada. Tidak hanya di pengapnya ruang penjara, akan tetapi ada di mana-mana. Ia hanya esa. Tuhan ada di atas puncak gunung, di angkasa, di balik awan, di atas bintang-bintang yang ia lihat setiap malam-malam tak berawan. Tuhan ada di venus. Tuhan ada di Saturnus, Ia tidak terbagi-bagi di matahari dan di bulan. Tidak. Ia berada di mana-mana, di hadapan kita, di belakang kita, memimpin kita, menjaga kita.

Sampai pada kesadaran yang demikian, Bung Karno insaf seinsaf-insafnya, bahwa tak ada satu pun yang patut ia takutkan, karena ia sadar betul bahwa Tuhan tak jauh dari kesadarannya. Yang ia perlukan hanyalah bermunajat ke dalam hati yang terdalam untuk menemuiNya. Ia pun memasrahkan setiap langkahnya agar senantiasa dipimpin oleh Tuhan yang ia sembah dalam menggelorakan revolusi kemerdekaan.

Salam Revolusi

About these ads

101 Komentar

  1. sukarno memang komunis terbukti dengan peristiwa merebaknya isu yang panas bahwa sukarno adalah dalang idiologi komunis maka untuk mengatasinya ia menaikan harga barang sehingga rakyat lupa akan isu komis dan kembali memikirkan perut mereka yang lapar. sehingga rakyat menjadi sengsara dan sukarno lewat solusinya tersebut menggambarkan betapa ia lebih mengamini rakyatnya sengsara ketimbang ia harus turun derajad melepas jabatan keprisidenan untuk menjadi rakyat biasa.

  2. Soekarno bukan komunis. . .dia hanya umat nabi Muhammad SAW yg tidak berorientasi pada syariat. . .knp? karena awaludin makrifatullah, awal agama mengenal ALLAH. . .

  3. Itu hanyalah taktik Soeharto CS untuk menghancurkan Soekarno. Jadi siapa yang tidak mengenal Tuhan, Soeharto atau Soekarno?

  4. Saya sependapat dengan risalah di atas, Sukarno bukan Komunis. Semua itu hanya tuduhan tidak berdasar. Ibarat Bapak yang mempunyai 3 anak begitu juga dengannya. Indonesia pada saat awal kemerdekaan, rakyatnya mempunyai tiga ideologi dalam bersikap, bertindak sebagai bangsa Indonesia. Agama, Nasionalis dan Komunis. Sebagai seorang bapak negara, beliau tidak ingin rakyatnya terpecah, beliau tidak ingin terjadi pertumpahan darah. Beliau ingin mengayomi semuanya, menjadi bapak yang adil bagi anak-anaknya. Isu yang dihembuskan oleh penguasa ORBA saat itu sangat tidak mendasar, hanya orang-orang yang tolol yang termakan isu seperti itu. Buktinya pada saat pemakaman beliau, setiap jalan yang dilalui dari Jakarta sampai Blitar menjadi lautan manusia. Sebagai penghormatan terakhir anak-anaknya terhadap kepergian Bapaknya. Sampai sekarangpun kecintaan dan kebanggaan Rakyat Indonesia terhadap Sukarno masih nomor 1 tak tergantikan, walau telah berganti generasi. Subhanallah…….

  5. pak karno adlh bpk bangsa, bersyukurlah kita masyarakt indonesia di berkahi manusia indonesia seutuhnya, bkn nasionalis,komunis, atau agamis tp indonesianis. slm hgt utk indonesia. tmksh.

  6. BUNG KARNO ADALAH SALAH SATU TOKOH INTERNASIONAL DALAM MELAWAN KAUM KAPITALIS – IMPERIALIS(PRO RAKYA)…ORDE BARU ADALAH KAKI -TANGAN KAUM KAPITALIS-IMPERIALIS(PRO KAPITALIS-IMPERIALIS)

  7. SOEKARNO KOMUNIS….!!!
    Memang pada awalnya soekarno adalah seorang muslim. Karena merupakan satu dari 3 murid HOS Cokroaminoto, tetapi sikapnya berubah karena pengaruh pemikiran yg menurutnya ideal untuk indonesia adalah nasionalis. Setelah jadi presiden pemikiranya tdk berubah, dan akhirnya NASAKOM adalah gagasan akan setuju dgn adanya KOMUNIS (anti Tuhan). Bahkan setelah komunis terbukti melakukan pemberontakan, soekarno pun enggan membubarkan komunis. MAKA APA BEDA SOEKARNO DGN KOMUNIS…

  8. Saya rasa orang yang menyebut Soekarno adalah komunis adalah orang yang berpikiran sangat sempit. Soekarno adalah Pemimpin Besar yang pernah Indonesia miliki. terlalu naif kalau kiat katakan beliau adalah Komunis.
    Lihat betapa bangga nya kita sebagai seorang Indonesia melihat beliau sejajar dan dihormati oleh bangsa bangsa besar di dunia. Memang ide beliau untuk membuat “dunia kecil” di Indonesia, dimana ada pengaruh barat, dan timur, akhirnya menjadi bumerang karena Komunis sulit untuk diterima rakyat Indonesia. Itu menunjukkan berapa besar ambisi seorang Presiden kita.
    Saya bangga sebagai orang Indonesia, dan Indonesia harus belajar menghargai dan bangga pernah mempunyai seorang presiden seperti SOEKARNO. Seorang yang sangat mencintai bangsa nya dan meningkatkan harga diri Indonesia di dunia.

  9. tak ada satu pun pemimpin indonesia yang sehebat atau pun sepadan dengan Kusno Sosrodihardjo…
    sekalipun dia komunis, saya akan tetap menjadi penggemar pemikiran – pemikirannya. karena yang saya pahami, ideologi komunisme mencoba menghapuskan kelas – kelas didalam kehidupan manusia. yang tak lain, sejalan dengan nafas agama yang dibawa oleh nabi Muhammad. S.A.W
    saya bukan pendukung komunisme “seutuhnya”, tapi saya muak dengan kapitalisme yang semakin lama semakin menindas orang – orang yang tak berdaya. semakin lama semakin rakus tak ubahnya hama di sawah yang subur seperti negara Indonesia.
    dimana letak kesalahan marhaenisme yang mengalir dalam jiwa sukarno ????
    dimana letak kebenaran sifat rakus yang diusung kapitalisme, yang semakin merebak dewasa ini dinegara kita tercinta ????????
    bangunlah putra – putri bangsa !

  10. untuk orang yang menuduh soekarno: anda adalah orang yang bodoh…

    anda itu budak amerika….
    anda itu syetan…..
    anda terbawa arus provokasi yg di lakukan suharto dan amerika…..

    kenapa sokarno di penjara dan penyakitnya di biarkan parah…
    kenapa soekarno di bunuh…

    karena sukarno adalah orang benar

  11. Untuk Sahabatku Wawang.
    Dalam kekerdialn pengetahuan saya maka saya dapatkan katakan bahwa
    kita harus membedakan Komunis menjadi dua bagian, Komunis dalam faham agama dan komunis dalam paham politik.
    Soekarno dalam hal ini sedikit terpengaruh oleh strategi politik komunis, namun demikian sudah Soekarno adakan modifikasi.
    Yang jelas pada hakekatnya Soekarno ingin membangun paham politik sendiri yang dia pandang lebih pas untuk bangsa Indonesia yakni Marhenisme.

    Salam

    Soekarno

  12. Untuk saudaraku: Adib sumpena

    Setahu saya ke Islaman Soekarno tetap berlandaskan Syariat.
    Dan yang terpenting dalam melaksanakan ibadah Soekarno langsung mengambil makna utama dan terdalam dari setiap perintah agama.

    Salam
    Soekarno

  13. Kalau Soekarno Komunis kenapa dia bisa merumuskan PANCASILA yang sebagian besar di ulas dari Al-Qur’an. Saudara – saudara sekalian Soekarno bukan Komunis dia Bapak bangsa yang begitu menggelora. Kata Komunis itu timbul dari SOEHARTO sang penghianat bangsa, seorang yang telah memutar balikkan sejarah tanpa ada rasa kemanusiaan. SOEHARTO lah yang paling bertanggung jawab atas apa – apa yang telah dilakukan oleh PKI pada G30Soeharto.

  14. Kami amat bangga mempunyai Bapak Bangsa seperti SOEKARNO karena hatinya begitu dekat dengan hati rakyat yang terinjak-injak baik oleh penjajah maupun oleh penghianat bangsa sendiri. Bangsa ini telah banyak berdosa karena telah melupakan jasa-jasamu yang amat begitu mulia dihadapan sanubari Rakayt Indonesia.

    Kami rindu akan sosokmu yang begitu menggelora, menggetarkan hati bila engkau bicara dari sabang sampai marauke bersatu dalam merah putih yang kau janjikan itu….
    Namun bangsa ini telah dikotori oleh tangan – tangan yang tak bertanggung jawab, kami sebagai anak Bangsa akan meneruskan perjuangan mu. ” DIBAWAH BENDERA REVOLUSI “

  15. Untuk saudaraku tercinta: zai

    Ungkapan saudara terengar sangat tulus dalam memberi penghormatan kepada pendiri Republik ini. Masalah Soekarno komunis apa tidak saya coba memberikan gambaran yang sangat sederhana karena pengetahuan saya juga sangat terbatas.

    Paham Komunis yang di gunakan Sukarno bukan komunis dalam makna tidak mengenal Tuhan, komunis disini lebih merupakan sebuah paham dalam mengatasi masalah bangsa, khususnya di bidang ekonomi dan politik. Sebagai pribadi Soekarno tetap seorang muslim yang taat, hal ini tergambar disetiap jamuan kenegaraan di berbagai negara Bung Karno tidak pernah minum Alkohol tetapi lebih suka air jeruk.

    Salam Hormat saya:

    Soekarno

  16. menurutku soekarno bukanlah komunis,tapi ia pahlawan bangsa. Hidup Soekarno!!!

  17. Untuk nisa

    Saya juga sangat sependapat dengan Nisa, andaipun ada kedekatan Bung Karno dengan negara Komunis, hal itu semata dalam pandangan politik bukan komunis dalam keterkaitam dengan keyakinan. Bung Karno tetap seorang muslim, atau lebih tegasnya Intelektual Muslim.

    Salam: Soekarno

  18. janganlah menerjemahkan NASAKOM dalam arti sempit.. karna arti kata komunis disitu lebih mengarah kepada Sosialisme (rakyat lebih penting)! Cobalah berpikir rasional.. Bagaimana mungkin ia tetap pada pancasilanya jika ia menganut komunis?

  19. Pro: Bossga Hutagalung

    Saya sependapat dengan anda.
    Coba kita tengok lagi mesjid Istiqlal, siapa yang memiliki konsep awalnya. Dia Soekarno.
    Mungkinkah seorang yang berpaham komunis dari segi akidah berfikir tentang pembangunan sebuah mesjid.

    Salam: Soekarno

  20. betul, salam kemerdekaan bung!

  21. Untuk saudaraku sebangsa setanah air, MERDEKA!…………
    Jika ada yg katakan Soekarno Komunis dalam artian keyakinannya, ANJING KAU!!!….Beliau seorang muslim yg ta’at (bukan Islam KTP)…..bagi kalian yg beranggapan beliau itu Komunis, mari berhadapan dengan saya kapanpun dan dimanapun!….

    Salam Pena.
    Kerabat

  22. Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa – jasa pahlawannya.
    Untuk temanku yang kontra dengan Bung Karno, apa jadinya anda hari ini jika tidak ada beliau. Beliau-lah yang membebaskan nenek moyang anda dari belenggu penjajahan. Beliau gigih menyatukan negeri kepulauan ini dari Sabang sampai Merauke. Dosa besar jika anda menistakan seorang pejuang kemerdekaan seperti beliau.
    Sekarang apa yang anda bisa berikan untuk negeri ini ???
    Mari bangun bangsa ini kawan..

  23. soeharto la komunis itu???? krn dia mncri ksmptn dlm ksmpitan???knp pmimpin g30 spki lngsng d bunuh???itu krn soeharto tkut kjhtnny trbongkar………………………………….!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!1

  24. untuk si wawang ,tipikal kepala ANGIN prototip hasil didikan ORBA elo harus belajar tentang KOMUNIS lebih banyak lagi nyet ! baca KARL MARX,KARL KAUTSKY,LENIN etc..atheisme adalah keyakinan pribadi dari masing2x orang (sama kek agama) TANPA PERLU JADI KOMUNIS njing ! kebetulan dedengkot KOMUNIS kebanyakan atheis kecuali TAN MALAKA tokoh ini justru menyerukan kerjasama KOMUNIS dan PAN ISLAMISME di internationale 1 untuk menggulung kapitalisme imperialisme belajar sejarah lebih giattt lagi DUMB SHIT !,untuk si alchaedar jiahhh websitenye aje udah nunjukin nih orang al-’CIA’da/al’mossad’a wannabe…imam samudra,nordin m top,habib rizieq dan konco apakah mereka lebih baik dari seorang komunis ???

  25. yang jelasnya kita harus menghormati jasa presiden soekarno,yang telah memerdekakan bangsa ini,kalau tidak ada pemikiran bung karno saya rasa indonesia tidak akan merdeka pada tanggal 17 agustus 1945,dan satu lagi soekarno itu bukan komunis,kalau dia komunis tidak mungkin dia taat beribadah.

  26. Dari semua komentar.
    Kita semua ini ada dibalik bayang2 BK dan Suharto. ingat wangsit Siliwangi..
    Mari kita bangun bersama sebuah perbaikan dari kehancuran… mudah2an Negara kita masih bisa berdiri tegar, atas dukungan para pemuda yang mencintai bangsanya sendiri… amien..

  27. Jikalau anda pergi haji di tanah suci Makkah Almukaromah dan Madinah….
    Tanya orang sana siapa presiden Indonesia mereka menjawab SOEKARNO
    Siapa yang membuat ide perluasan Masjid Makkah… ia SOEKARNO
    Siapa yang diberi dua jempol di tanah haram… ia SOEKARNO
    Pantaskan seorang SOEKARNO disebut KOMUNIS….

  28. tolong ditegaskan bahwa KOMUNIS BUKAN ATEIS!
    kepada bung alchaedar: coba anda ketikkan kata “KOMUNIS dan “ATEIS” pada mesin pencari google!

    Read first before argue!

    Salam Revolusi!

  29. kamis 11 nopember 2010 telah diumumkan dan di anugrahkan gelar pahlawan nasional kepada Dr. J.laimena dan Johannes Abraham Dimara namun nama SOEHARTTTO tidak disebut sebut !!! AKHIRNYA PEMERINTAH MASIH WARAS untuk tidak mengindahkan rayuan dari GOLKAR dan sisa sisa kroni ORBA untuk mengangkat sang jendral besar menjadi PAHLAWAN nasional…mungkin sebagai PENJAHAT BESAR kemanusiaan pasti saya sangat setuju (dan mayoritas masyarakat indonesia umumnya)

  30. SOEHARTO TUU YG KOMUNIS.,__
    ORANG BODOH YG BILANG SOEKARNO KOMUNIS.,.
    MAU AJA BELAIN SOEHARTO “BODOH”.,. APA KALIAN SEMUA DISUAP OLEH SOEHARTO.,.
    SOEKARNO ADALAH PENYAMBUNG LIDAH RAKYAT / PEMIMPIN BESAR REVOLUSI / MANDATARIS MPR / PANGLIMA TERTINGGI.,.
    SOEKARNO IKRANK.,.,
    SOEHARTO ADALAH KORUPTOR / PENDERITA RAKYAT / PEMBUNUH RAKYAT.,.,
    SOEHARTO JAHANAM .,. SEMOGA DOSA” MU DIAMPUNI ALLAH SWT.,

  31. Soekarno MEMANG seorang komunis. Di saat yang sama, Soekarno adalah seorang muslim yang religius. Masih di saat yang sama, Soekarno adalah seorang nasionalis tulen. Soekarno adalah NASAKOM, dan dalam konteks pemikiran seorang bapak bangsa, NASAKOM adalah Indonesia (Bhinneka Tunggal Ika).

    Proses pembunuhan karakter oleh rezim suharto pada Bung Karno dilakukan dengan oversimplified konsep komunis menjadi identik dengan “anti Tuhan” (salah satu bukti sejarah propaganda hitam ini adalah film G30S/PKI yang menggambarkan perlakuan PKI terhadap muslim dan Al-Quran). Pada faktanya, adegan itu hanyalah rekaan semata.

    Dengan reduksi arti komunisme itu sendiri (diidentikkan dengan atheist), rezim orba memang bermaksud menjauhkan Bung Karno dari rakyatnya.

    Dalam sebuah pidato, Bung Karno mengatakan bahwa bahkan ia tidak mau anaknya tidak “kiri” (komunis). Pada kenyataannya Bung Karno tegas mengajarkan sholat 5 waktu pada anak-anaknya. Jadi di sini jelas terlihat bahwa Bung Karno tidak mengadopsi konsep penjauhan agama (salah satu strategi dalam komunisme versi Marxis-Leninisme) namun spesifik pada tujuan komunisme itu sendiri secara sosial-politik (pembelaan terhadap rakyat kecil yang terancam oleh bahaya kapitalisme). Cara pandang ini dituangkan Bung Karno dalam komunisme versi Soekarno: Marhaenisme, buah pemikiran Bung Karno yang didasarkan dari pemikiran tiga filsuf: karl MARx, gwf HAgel, dan friedrich ENgels.

    Barangkali sudah saatnya bangsa Indonesia mau belajar dan melepaskan diri dari stigma komunisme yang dibuat rezim orba demi kepentingan mereka, dan bisa berpikiran terbuka untuk mempelajari pandangan Bung Karno tentang komunisme secara proporsional. Barulah kita bisa memahami Soekarno dan kebesaran pemikirannya secara utuh. Menurut pandangan saya, NASAKOM di masa kini adalah ajaran yang sangat relevan, dalam konteks paradigma tentang hubungan Negara – Agama – Masyarakat, tiga elemen fundamental dalam kehidupan manusia sebagai mahluk sosial sekaligus sebagai mahluk individu.

  32. @FF couldn’t agree more with ya comrade…posting yang cerdas disertai argumen yang ok…komunisme sendiri berakar dari kata komunal, sebelum marx dan engels menelorkan teori2x ilmiah anti kapitalis seperti dalam DAS KAPITAL dan manisfesto komunis…sekte2x yahudi,kristen dan islam dimasa lampau telah mengimplementasikan komunisme dalam kehidupan sehari-hari…namun dalam sejarah modern dicetuskan pada masa revolusi prancis dan komune paris…menurut marx inti dari komunisme adalah “…penguasaan alat2x produksi oleh negara dan pendistribusian kemakmuran kembali kepada rakyat…” dilanjutkan dengan “…hilangnya kelas2x sosial dan hilangnya/layunya negara….lalu negara sebagai alat penindas/penghisap akan lenyap digantikan oleh persaudaraan kelas pekerja diseluruh dunia…” ini adalah tahap pamungkas dari ide marx-engels.. atheisme justru hanya bagian kecil dari KRITIK marx terhadap struktur masyarakat eropa saat itu yang tidak mau berpikir rasional untuk mengubah nasib..namun lebih mengandalkan pada hal2x gaib

  33. @wawang , Anda tidak mengenal BK, Komunis tdk sama dgn ateis, Anda layaknya seekor ANJING mengejar tulang yg SOHARTO lempar.

    @alchaedar , tulisan anda “… dan akhirnya NASAKOM adalah gagasan akan setuju dgn adanya KOMUNIS (anti Tuhan)”
    klo anda bisa menulis silahkan cari sendiri arti komunis , ateis , dan anti Tuhan. klo anda bisa membaca maka anda anda akan menyadari betapa GOBLOK -NYA dirimu!!
    hai “alchaedar BEGO ” klo mo nulis belajar nulis, klo mo kasi pengertian blajar membaca dan memahami. klo BELUM BISA BACA TULIS JGN ASAL KOMEN !, ANJING KAU!!

    Soekarno Seorang Negarawan Besar, Beliau ikut bejuang mengangkat senjata, menyatuka Negara ini dari berbagai suku, perbedaan dan ideologi, Beliau sosok pemimpin negara yg sangat diperhitungkan.
    Sudah terlalu banyak yg Beliau berikan kepada negara kita, tp apa negara berikan kepada beliau ?? hingga saat ini Pemerintah blum berbuat apapun untuk meluruskan Sejarah !
    “Bangsa Ini tidak akan pernah lagi disegani dunia internasional jika Belum meluruskan sejarah yg sebenar-benar nya”

    Sudahlah, jgn lagi kotori nama Bung Karno!!

  34. KUTITIPKAN NEGARA INI KEPADAMU …. ucapan sukarno untuk kita semua ….Mari kita menjaga negara INDONESIA … jadikan dia NO.1 .. didunia .. .. InsyALLAH … amin .. TUHAN MEMBERKATI

  35. Pancasila lahir ataS prakarsanya,istiqlal berdiri atas konsepnya, lalu apa yang kau ragukan lagi kawan? berkat jasanya indonesia ada, atas kegigihannya indonesia merdeka lalu apa yang kau debatkan lagi kawan?soekarno punya kita, pahlawan kita!!!!

  36. maaf sblm’a….apa seorang komunis tidak boleh menyebut allah , apa seorang komunis selalu identik dng tidak beragama , sy rasa banyak kekeliruan di sini.

    Memang soekarno bukan komunis , tapi soekarno mencintai komunis , anda bisa liat dan perhatikan baik baik tulisan ”penyambung lidah rakyat” di situ cukup menerangkan hubungan soekarno dng blok komunis yg sangat mesra dan saling menghargai….”maxisme membakar soekarno punya jiwa ”,

    Sy rasa tulisan ini tidak berimbang dan mengskreditkan suatu kelompok (komunis)…

  37. @evans f saya sependapat dengan komen bung…BK tidak membenci komunis ia juga tidak membenci kaum nasionalis dan agama ia hanya mengimplementasikan kecintaanya terhadap persatuan antar golongan yang secara riil berkontribusi terhadap revolusi indonesia itu sajah ! karena belakangan kita tahu PKI sebagai organisasi komunis tidaklah “semerah” dan bukan organisasi yg monolotik yang kita anggap selama ini aidit sendiri tidak mau melakukan blunder seperti “madiun affair” tahun ’48 mangkanya dia menempuh jalur parlementer bukan revolusi bersenjata sedangkan nyoto ideologi nya cenderung mendekati MARHAENISME nya BK bukan komunis murni..PKI sendiri terpecah manjadi 3 faksi besar pro soviet,pro tiongkok dan komunis nasionalis ala MARHAENIS, dan sebagian besar grass root PKI lebih “menganggap” BK dibanding aidit atau sudisman

  38. Yang mengatakan Bungkarno Komunis Itu Orang Harto Manusia Biadap Harto salah satu anteknya Amerika. Kalau Bungkarno tidak bijak Bangsa ini seperti Vefnam Perang saudara. Sejarah menyatat bukan Harto krononya yang menyatat, Jadi jngan mudah disesatkan oleh orang2 Buta, Saya mengenal Bungkarno Dari sejarah Bangsa ini dan Fakta yang ada. Komando utama Gestapu itu Harto Dialah yang Komunis, dengan berkedok Agama untuk menjadi presiden Terkorup didunia.

  39. untuk yg menuduh BK komunis, saya mau tanya ke anda siapa pengagas dasar Negara ini ??

    Jawab ya kawan, saya rasa BK adalah ANTI NEKOLIM dan seorang MUSLIM yg taat
    dan saat itu negara yg anti NEKOLIM kebetulan negara2 Sosialis, makanya BK saat itu lebih dekat dgan negara2 sosialis, apa orang berteman dgan komunis jga di artiakan sebagai seorang komunis

  40. Sukarno bukan komunis…Dia Bapak Bangsa,,Tokoh revolusi..salute…

  41. heran gw.. hari gini masih ada orang bodoh yang buat statement bahwa Komunis itu Anti Tuhan.
    tolong baca dan belajar referensi dulu yang banyak sebanyak banyak nya sebelum statement anda ditertawakan.

  42. hahaha. setuju. komunis kok langsung disamakan dengan anti-Tuhan. Sy percaya Tuhan tp senang membaca segala suatu tentang komunisme untuk tambah pengetahuan aja dan krn lumayan yakin originally, paham ini ga sebusuk itu tp seringkali disalahgunakan makanya jd jelek citranya. satu lagi, buat yg nulis comment pertama di atas, naikin harga buat menutupi isu bhw dia komunis wah lbh ngakak lg gue. iyaa…kalo situ yg jd Presiden bung!

  43. kedekatan rusia dan cina ke indonesia, cukup membantu, buktinya hampir semua senjata yang di pakai oleh pejuang kita buatan rusia dan china, karena bantuan itu mereka juga minta agar ideology mereka di tawarkan ke masyarakat kita, bukan berarti the best orator kita komunis, tapi sebagai bentuk umpan balik munkin, di sisi lain kita butuk kerja sama, di sisi masyarakat kita pengen melindungi ideology agama kita, apapun itu, sukarno adalah bapaknya indonesia, sampai sekarang belum ada sosok pengganti yang pantas menggantikan beliau, masalah agama belau islam kejawen, pada masa belau memang seperti itulah kondisi Islam di indonesia, islam menjadi lebih baik kita pahami karena [erjuangan belau, saya yakin kalau belau hidup sekarang, belau akan menjadi seorang ulama duni, dengan semangat belau mempelajari ISlam….!

  44. SOEKARNO yg jelas, telah dikhianati !!! Beliau bukan lah komunis. (tolol aja menyebut beliau komunis).Beliau difitnah oleh rezim ORBA,..dan dibunuh karakternya,..bahkan dubunuh dalam arti sesungguhnya. Walapun demikian, emas tetaplah emas . kebenaran telah terkuak. salam Merdeka !

  45. Salam..INDONESIA………..
    Sekedar mengingatkan..apa bila kita belum mengenal lebih dalam tentang BAPAK SOEKARNO janganlah mengeluarkan statement yg belum tentu kebenarannya apa lagi sampai meragukan keislaman soekarno…Sadarkah anda apakah anda sudah menjalankan agama yg anda anut saat ini dengan baik, dan apakan anda sudah memberikan yang terbaik buat bangsa ini, saya rasa terlalu besar kalau buat bangsa ini..bagian terkecil ajalah apakah anda sudah memberikan yang terbaik buat ORANG TUA ANDA..Saya yakin anda belum bisa memberikan yang terbaik buat orang tua anda, jadi janganlah berpikir dengan OTAK saja tanpa menggunakan HATI..
    Semoga ALLAH SWT memberikan sorga pada para pahlawan negeri ini…aminn..

  46. Mungkinkah seorang komunis berjuang demi bangsanya dengan mengorbankan hidupnya ? Apa duniawi yang didapat dari Sukarno ? tumpukan harta apa yang diwariskan untuk keluarganya ? Hanya orang Komunis yang menuduh Sukarno Komunis. dan tak seorangpun dari bangsa ini yang tidak mengenyam perjuangan Sukarno. Apakah kekomunisan hanya dilihat dari agamanya? lihat tindakan Sukarno, dan toleh tindakanmu sendiri. Apa yang kamu lakukan untukbangsamu ????
    Bung Karno….. Berbahagialah engkau di Surga

  47. bagi yang ingin tahu soekarno komunis atau tidak . nonton saja film SOE HOK GIE .. saya cuma ingin sampaikan , semakin anda tahu sejarah , semakin anada anti soekarno .. saya pribadi adalah mahasiswa sejarah di salah satu perguruan tinggi negri .. trims

  48. @adhy maksod loe sukarno itu komunis yah ? kgk yakin gw elo mahasiswa sejarah..karena apa yg gw tangkep dari komen loe adalah elo hanya mengambil kesimpulan dari memoar/film soe hok gie ck..ck..ck..you’re another brain child of orde baru dan gw lebih tau sejarah dibanding elo justru gw makin bangga ama BUNG KARNO…dengan klaim elo seperti ini gw kgk yakin elo bakalan jadi sejarahwan yang kapabel…what a waste..

  49. sebenanya secara history , seokarno sendiri tidak ingin melakukan proklamasi 17 agustus 45 .. dia melakukanya hanya krn desakkan para pemuda ,krn para pemuda mendapat informasi jepang kalah oleh sekutu .. inilah yang di sebut dgn “history accident” / kecelakaan sejarah .lalu ..apakah anda tahu soekarno adalah lulusan dari jurusan filsafat ? .. jadi jgnlah anda terlalu fanatik dgn soekarno

  50. @adhy gayung bersambut demen neeh gw….gw kgk fanatik tp gw bangga punya tokoh kek BK , dia hanya manusia biasa bukan dewa pasti pernah buat kesalahan namun bakti,pengorbanan dan sumbangsih kepada republik jg dunia melebihi dari kesalahannya…HISTORY ACCIDENT ? itu menurut elo khan ingat sains berdasarkan fakta bung ! desakan para pemuda ? makin kgk yakin gw bahwa elo sekolah sejarah tanggal 16 agustus 1945 itu para pemuda “ngancam dan menculik” BK dan BUNG HATTA ke rengas dengklok utk proklamasi kemerdekaan boss :) elo telah mempermalukan disiplin ilmu yg katanya elo pelajari …sigh pathetic very very pathetic :( or are u just a TROLL ?

  51. Sukarno adalah Bapak bangsa ini, beliau berjuang dan berkorban mati matian agar negara dan bangsa indonesia merdeka, begitu besar pengorbanannya hingga belaiu rela diasingkan dan beberapa bentuk perlakuan pemerintah Belanda yang sangat menyakitkanpun beliau alami, maka bagi orang orang yang tak tau terima kasihlah yang menganggap beliau komunis, Sukarno adalah seoranng Nasionalis dan Religius bahkan Sukarno lebih baik dari pada presiden yang ada pada zamannya hingga sekarang.

  52. didesak pemuda justru BK tidak mau Proklamasi, malah kembali mengancam pemuda ” kalo kalian tetap mamaksaku lebih baik di gorok saja leher ku, lalu taruh kepalaku didepan pintu”.

  53. Orang sangat bodoh dan dangkal penalaran serta sempit informasi yang menganggap soekarno komunis apa buktinya:

    1.sukarno seorang muslim yang taat ibadah dan seorang yang menjalankan rukun islam dan rukun iman dengan baik

    2. soekarno seorang mahrifat mengenal islam bukan hanya sareatnya saja namun sampai tingkat yang tertinggi

    3.soekarno adalah negarawan sejati sudah diakui dunia

    4.soekarna tidak alergi dengan perbedaan pendapat dan pandangan hidup berbangsa dan bernegara dan masih banyak alasan lain yang menunjukkan soekarno bukan komunis tapi seorang negarawan dan nasionalis

  54. “MENURUT PEMIKIRAN SAYA PRIBADI DISINI BUKAN SALING SALAH MENYALAHKAN ..
    TAPI DISINI KITA SEBAGAI GENERASI BANGSA INDONESIA YANG HARUS MENURUSI WARISAN YANG SUDAH BUNG KARNO BERIKAN KEPADA KITA
    ( KOMUNIS ITU BUKAN ANTI TUHAN )
    LALU SIAPA YANG BILANG BEGITU ??
    MENGAPA KOMUNIS YANG SALALU DISALAHKAN ??
    DAN SEKARANG MENGAPA AJARAN ISLAM YANG DISALAHKAN ??
    MANGAPA SEMUA YANG BERARTIBUTE ISLAM SLALU DI BILANG TERORIS ???
    SEMAKIN DEWASA KITA,SEMAKIN TAU MUSUH KITA SEBENARNYA .

  55. menurut saya pribadi. Pandangan secara umum, saya rasa komunis/ tidak nya Bung Karno, mungkin sudah tidak penting lagi. yang pasti kita tau bahwa Beliau tetap menjadi sosok sang Proklamator utuk kita.
    mungkin kata2 ini tepat :

    “Janganlah melihat ke masa depan dengan mata buta! Masa yang lampau adalah berguna sekali untuk menjadi kaca bengala dari pada masa yang akan datang.” (Pidato HUT Proklamasi 1966, Soekarno)

    thank’s..

  56. Sudah jelas keliatan didepan mata kita kenapa sewktu Soeharto mau meninggal dunia sampai koma begitu lama.. karena dia memutarbalikan fakta G30S/PKI bahwa dalang PKI adalah sebenarnya Soeharto namun dia bangun imej keseluruh rakyat Indonesia seakan2 Soekarno dalangnya… Allah SWT telah tunjukkan kepada kita seluruh rakyat Indonesia siapa sebenarnya Soeharto bahwa dia adalah golongan iblis maka disaat mau dijemput ajalnya dipersulit… klo dia emang orang sholeh pasti lancar saat dijemput ajalnya…

  57. bagi yg tdk tau sebenarnya gak usah banyak bicara,soekarno tetap soekarno bapaak presiden kita,,benahi diri sendiri itu yang paling penting,untuk apa kita memburuk,kan orang lain apakah kita ini orang yang paling benar,,,5f klu slh tulis bagi yang tersinggung marah juga boleh karena itu hak nya masing2

  58. bgi yg tdk tau diam lbh baik,koreksi diri sendiri lbh baek,

  59. kita jangan gampang berkesimpulan bung karno komunis atau bukan, pelajari sejarah berdirinya indonesia. kalau kalian tahu betapa takutnya amerika yang saat itu sebagai negara adi daya yang melihat indonesia bukan sebagai negara merdeka tetapi amerika melihat soekarno sebagai sosok presiden indonesia yang dengan lantangnya menantang amerika yang saat itu juga merasa ketakutan bila soekarno berhasil mempersatukan nasakom maka akan terwujudkan demokarasi baru didunia yang akan bersanding dengan demokrasi bentukan amerika, betapa hebatnya sosok soekarno yang mampu menciptakan demokrasi baru yang terdiri dari unsur nasionalis, agama dan komunis, entah nanti apa namanya demokrasi tersebut yang lahir dari anak bangsa indonesia

  60. Soekarno bukan komunis, Soekarno yg melahirkan Pancasila, di dalam sila pertama pancasila telah di tegaskan bahwa; ‘Ketuhanan Yang Maha Esa’

  61. Soekarno sosialis bukan komunis.

  62. Soekarno tetap Islam, tetap Nasionalis dan tetap Marxis ketiga sintesa itulah yang memenuhi Soekarno Punya DADA !!!

    Soekarno bukan seorang Komunis tulen melinkan IDEOLOG SINKRETIS !!!

    HANYA ANTEK2 ORBA LAH YANG MENGKLAIM SOEKARNO KOMUNIS !!!

    JABAT ERAT INDONESIA !!!

    Salam Soekarno Muda !!!

  63. nasionalis bukan berarti komunis” sukarno hanya dijadikan korban, dengan jalan menuduhnya komunis agar rakyat menjauhinya..taktik politik para pemberontak revolusi.” sampai detik ini bagi saya sukarno is the best…beliau pahlawan bangsa indonesia” tanpa semangatnya belum tentu ada bangsa indonesia, yang sekarang ini kita tempati.

  64. ayo kita teruskan perjuangan bung karno.
    yang ingin menjadikan indonesia
    sejahtera,adill, makmur, sentosa bersatu seluruh nusantara” gemah ripah loh jinawi tata tentrem kertaraharja.

  65. Mari kita teruskan perjuangan bapak bangsa kita…Bapak Soekarno..dan jangan lupa dgn JASMERAH…..JANGAN SEKALI-KALI MELUPAKAN SEJARAH, kita sebagai penerus bangsa mari bergabung jadikan INDONESIA negara yang “GEMAH RIPAH LOH JINAWI TATA TENTREM KERTARAHARJA”salam

  66. yang jelas ga akan ada indonesia kalau tidak ada sosok soekarno, ingat negri ini di bentuk bukan karna satu unsur kepentingan tapi menyatukan semua unsur kepentingan, jadi kita jangan melihat dari satu sisi saja ingat ideologi kita PANCASILA bukan agama ras atau golongan.

  67. salam hormat untuk semua kawan.saya hanya orang bodoh yg hidup pada zaman sekarang.bahkan pada zaman belio pun saya sama sekali gak tau.secara politik.agama pun saya juga tidak begitu pandai.tapi setelah saya menghayati dari berbagai cerita dari bapak saya.kakek saya.yang saya yakin bapak saya kakek saya juga tidak pernah bertemu beliu(bungkarno)tapi dari bapak dan kakek saya.akhir nya saya mengenal soekarno.menurut aku.soekarno slalu berpikir laher dan batin.segala tindakan dan pikiran nya selalu jauh kedepan.mungkin kalo di ibarat kan.gusdur kurang lebih juga sedikit mirip soekarno.lewat gaya pemikiranya.tapi saya justru memandang soekarno adalah ulama islam indonesia sejati.salam.

  68. sebelum memberikan, sanggahan..ato pendapat…pelajari semuanya…. nasakom.. komunis, kapitalis, nasionalis, agamis, bahkan borjuis..dll.
    mugkin kalian bisa memahami mana yg benar.
    tapi hargailah dan hormatilah
    BAPAK REVOLUSI INDONESIA . tanpa beliau..indonesia…tetap terbelenggu, dan ceraiberai.
    kalian pasti sudah mengetahui…jatidiri kalian…apakah nenek moyang kalian sama kaya beliau?????apa jd pengecut dalam peperangan.
    sudahlah….hormati dan hargai beliau. mari kita bersatu itu tujuan beliau..tanpa ada peperangan dan saling mengejek. kuatkan nasionalis kita…jaga pancasila…itu yg membuat kita damai.

  69. .ATEIS kali kalo ga beragama tuh..hehehheheh

    ….semua paham yg di buat di dunia ada untung dan ruginya , tergantung dari mana sudut pandangnya.. OKE..

    jadi…pelajari dulu…baru bertindak…..
    mengapa bangsa ini senang rusuh saat ini, karena budaya untuk mengenal wawasan dan membaca sangatlah malas…
    dan alhasil belajar dari mulut ke mulut, gosip dll….alhasil jadi gampang terkena isu…..
    32 thn kita mempunyai perpustakaan tanda tanya…..semua
    sudahlah….mari kita bersatu…KUATKAN PANCASILA,
    karna itu palsafah yg menyatukan agama suku dan ras…..

  70. Sukarno bukan komunis!!
    Sukarno, bapak negara kita, dia pemersatu negara! Itu yang dia wariskan!
    Dia seorang pecinta yang besar. Dia cinta dirinya, dia cinta wanita, dia cinta seni, dia cinta keindahan, dan terlebih di atas itu semua dia cinta rakyatnya!
    Saking cintanya, dia terlalu naif.. Dia inigin komunis mau berdemokrasi. Sukarno mencintai pemikiran marxis dalam bidang sosial. Dengan mudah kita dapat menyimpulkan sukarno antikapitalis! Dia benci inggris dan amerika.
    Sayangnya, sikap sukarno yang “miring ke kiri” ini mengakibatkan inflasi dan mengakibatkan harga2 pokok mahal. Tpi itu bukan sesuatu yg dia harapkan. Itu hanyalah “efek samping” dari politik.

    Memang benar salah satu komentar di bawah.
    Jika anda anti sukarno, dan anti nasakom maka anda adalah :
    Antek2 kapitalis (amerika dan inggris)
    Anda adalah seorang individualis yang serakah
    Anda adalah seorang yang antirevolusi

    Asal anda tau saja.. Suharto lah yang sebenarnya antek2 kapitalis. Terbukti dengan cara dia yang mengijinkan penjajahan ekonomi terjadi di negara ini (dengan cara meminjam utang dari negara barat)

    Negara ini kaya, negara ini mampu hidup sendiri. Apa yang kita takutkan?
    “kalau kami tidak kiri, jangan mengaku kamu anak sukarno”

  71. @ben dan masih ada ajah orang indo yg terkena demam SRSY (sindrom rindu suharto yuuukkk) dengan alasan yg absurd……sandang pangan terjaminlah,kriminalitas minimlah dll….32 tahun brainwash yg sangat BERHASIL,padahal anggapan itu disebabkan saluran informasi yg DIBATASI ketat oleh pemerintah..sehingga berita2x “amoral” difilter utk sampe ke masyarakat….kejadian sebenarnya mungkin sama saja dengan jaman skrang ini (2012) :) contoh kasus amoral yg dilakukan keluarga cendana 1.kasus “perselingkuhan” suharto dengan seorang artis sexy era 70 an 2.kasus dietje 3.pembunuhan hakim agung syarifudin 4.katabelece SUDOMO untuk bank BAPINDO 5.mega skandal BLBI (lebih parah dari bank century)

  72. [...] ini berasal dari blog ini Share this:TwitterFacebookLike this:LikeBe the first to like this [...]

  73. maaf sebelumnya, soekarno bukan seorang komunis. kalau menurut saya pada waktu itu posisi ssoekarno sebagai presiden terancam oleh isu kudeta dewan jenderal, yang menurut saya isu itu memang benar. Itulah sebabnya pada waktu itu dia mendukung penuh peristiwa gerakan 30S/PKI, hanya untuk membantu dia dalam membereskan musuh2 nya. Logikanya Seorang Soekarno ingin berebut kekuasaan apalagi hingga dia berbuat begitu? sementara dia adalah pemegang kekuasaan tertinggi waktu itu, tapi karena isu itu memang benar maka jadilah dia menggandeng PKI hanya untuk membantu dia, dengan catatan bukan berarti dia adalah penganut komunis. saya berteman dengan seorang pembunuh, bukan berarti saya seorang pembunuh??
    (NB:Jaman dulu Angkatan Darat adalah yang paling besar pengaruhnya dalam menjaga stabilitas dan keamanan Indonesia)

  74. Gitu aja kok repot #Gusdur

  75. pendapatny seru2……
    Salam Satu Nyali….

  76. wawang@bangsat kau…. kalaw bukan karena bung karno kaw bisa apa sekarang…….

  77. huahhh,,,
    ngantuk gua baca koment d atas,,,,
    hehe

  78. buat penulisnya, tolong kasih penjelasan tentang namanya ideologi itu seperti apa.
    jangan membuat penjelasan yang menyimpang.

    note*
    komunis itu dari kata communion = kebersamaan
    nah kalian yang dewasa bisa pahami tanpa harus di jelasin seperti jaman dulu kalian di dikte bahwa komunis itu tanpa agama.
    terima kasih

    buat @soekarnoismLEFT
    tenang kawan, kita bisa lebih etis dalam mengekspresikan dalam tulisan

  79. Kalau memang SOEKARNO adalah seorang KOMUNIS memangnya kenapa??Apakah dengan begitu segala jasa2nya akan kita hapus dan kita lupakan dari catatan sejarah republik ini??Kita adalah bangsa yg sangat picik dalam hal menilai jasa2 para pahlawan kita.SOEKARNO memang seorang MARXISME tulen dan dia adalah BAPAK BANGSA kita.Itu bukan merupakan sebuah aib yg selama ini digembar-gemborkan oleh rezim MILITER nya SOEHARTO.Bila memang hal itu merupakan sebuah kenyataan yg konkret pertanyaanya adalah,apa ada yg salah dengan kenyataan ini????Jawabannya TIDAK!!!

  80. Nyimak

  81. Saya sampai sekarang pun masih bingung, apakah Soekarno seorang komunis itu kenyataan atau propaganda ORBA? Kalau menurut sudut pandang saya, Soekarno itu hanyalah seorang bapak negara dengan semangat nasionalisme tinggi, tetapi dia hampir menjadi korban PKI.

  82. @dear tiffany, BK itu rasa persatuannya tinggi ia mengalami tiga jaman yaitu jaman perintis,pergerakan dan kemerdekaan….tiga golongan yg aktif dalam melawan penjajahan ya mmg ada 3 agama,nasionalis,komunis (jangan salah PKI adalah pecahan dari ormas terbesar di tahun 20an syarikat islam!)….dia bukan orang yg picik dan dia kenal secara pribadi pentolan2x pejuang itu (baik yg pro maupun yg kontra) dia kenal alimin,semaun,musso,kartosuwiryo dkk, diapun mengenal hatta,syahrir dkk (awalnya satu partai yaitu PNI), ia kenal mohammad natsir,mohamad roem,agus salim dkk (masyumi)…..ia bisa memerintahkan penumpasan PKI madiun dan DI/TII walaupun ia tahu ketuanya adalah sahabat karib sewaktu masih mondok di rumah HOS tjokroaminoto di gang peneleh surabaya, dan ia melakukan keputusan berat itu bukan karena alasan pribadi..masa revolusi fisik (’45~’49) adalah masa kekacauan namun itu belum seberapa ketika republik terlibat langsung dalam “cold war” era 60an…patut diketahui para “founding fathers” republik tidak ingin republik indonesia muda jatuh ketangan KAPITALISME…baik mereka yg backgroundnya islam,nasionalis,sosialis apalagi yg komunis…cara yg mereka pakai utk menuju “sosialisme indonesia” mmg saling bertolak blakang dan bergesekan secara “kasar” secara filosopi dan cara/teknik perjuangan, apalagi “massa akar rumput” kadang salah menginterpretasikan ideologi tsb….ideologi BK adalah MARHAENISME ===> sosio nasionalisme sosio demokrasi dan pancasila…salah satu orang yg paling berpengaruh/menginspirasi pmemikiran dalam perjuangan beliau adalah bapak bangsa tiongkok Dr. SUN YAT SEN dengan SAN MIN CU I (three people’s principle) sosialisme,nasionalisme dan demokrasi :)

  83. SoekarnoisLEFT@
    mantep gan… :)
    Penjelasan yg mengena

  84. Hanya ada dua pilihan yaitu blok barat dan blok timur. karena blok barat cenderung menguasai dan ingin menjajah indonesia maka soekarno condong ke blok timur, lalu terbawalah beliau ke image komunis

  85. Anda semua harus bisa membedakan antara Komunis dan Atheis.
    Komunis adalah sistem pemerintahan yang terpusat, sedangkan
    Atheis adalah kepercayaan anti Tuhan (tidak mengenal Tuhan).

    Jika Anda tahu petikan komentar salah satu petinggi pabrik mobil BMW tentang Indonesia, maka Anda akan tahu salah satu alasan Bung Karno memilih sistem komunis untuk diterapkan di Indonesia, berikut (kurang lebihnya) komenter petinggi BMW tersebut:
    “Jika Indonesia dari dulu mengikuti SISTEM PEMERINTAHAN komunis, maka saya yakin akan banyak Ferrari (mobil) melaju di jalanan seluruh Indonesia” (tahun 2012)

  86. bagi orang2 yang bilang BUNG KARNO komonis dia adalah anjing anjing YAHUDI&AMERIKA dan di indonesia ini memang sudah banyak sekali para anjing anjing YAHUDI&AMERIKA apa lagi yang sudah ter makan oleh fitnah yang di sebar kan oleh herder nya yahudi ya,itu SOEHARTO..
    Kenapa politik pendiri negri ini dibilang komonis?.. itu karna herder nya yahudi ingin ber kuasa SOEHARTO

  87. KOMUNIS DAN PANCASILA
    Mantan Presiden Alm. Gus Dur pernah
    melontarkan gagasan untuk mencabut Tap
    XXV/MPRS/1966 tentang larangan atas
    penyebaran paham dan organisasi komunis
    di Indonesia.
    Saya mencoba untuk menjelaskan
    bagaimana kedudukan paham komunis
    berhadapan dengan paham negara
    Pancasila. Untuk itu saya ajak pembaca
    mengawali dengan mencermati ciri-ciri
    pokok ajaran komunisme, kemudian ajaran
    Pancasila, Pancasila lawan komunisme,
    pentingnya studi tentang komunisme, dan
    bagaimana kita menyikapi komunisme.
    Ciri pokok ajaran komunisme
    Adapun ciri pokok pertama ajaran
    komunisme adalah sifatnya yang ateis, tidak
    mengimani Allah. Orang komunis
    menganggap Tuhan tidak ada, kalau ia
    berpikir Tuhan tidak ada. Akan tetapi, kalau
    ia berpikir Tuhan ada, jadilah Tuhan ada.
    Maka, keberadaan Tuhan terserah kepada
    manusia.
    Ciri pokok kedua adalah sifatnya yang
    kurang menghargai manusia sebagai
    individu. Manusia itu seperti mesin. Kalau
    sudah tua, rusak, jadilah ia rongsokan tidak
    berguna seperti rongsokan mesin.
    Komunisme juga kurang menghargai
    individu, terbukti dari ajarannya yang tidak
    memperbolehkan ia menguasai alat-alat
    produksi.
    Komunisme mengajarkan teori perjuangan
    (pertentangan) kelas, misalnya proletariat
    melawan tuan tanah dan kapitalis.
    Pemerintah komunis di Rusia pada zaman
    Lenin pernah mengadakan pembersihan
    kaum kapitalis (1919-1921). Stalin pada
    tahun 1927, mengadakan pembersihan kaum
    feodal atau tuan tanah.
    Salah satu doktrin komunis adalah the
    permanent atau continuous revolution
    (revolusi terus-menerus). Revolusi itu
    menjalar ke seluruh dunia. Maka,
    komunisme sering disebut go international.
    Komunisme memang memprogramkan
    tercapainya masyarakat yang makmur,
    masyarakat komunis tanpa kelas, semua
    orang sama. Namun, untuk menuju ke sana,
    ada fase diktator proletariat yang
    bertentangan dengan demokrasi. Salah satu
    pekerjaan diktator proletariat adalah
    membersihkan kelas-kelas lawan
    komunisme, khususnya tuan-tuan tanah dan
    kapitalis.
    Dalam dunia politik, komunisme menganut
    sistem politik satu partai, yaitu partai
    komunis. Maka, ada Partai Komunis Uni
    Soviet, Partai Komunis Cina, PKI, dan Partai
    Komunis Vietnam, yang merupakan satu-
    satunya partai di negara bersangkutan. Jadi,
    di negara komunis tidak ada partai oposisi.
    Jadi, komunisme itu pada dasarnya tidak
    menghormati HAM.
    Ajaran Pancasila
    Bagaimana halnya dengan Pancasila?
    Pancasila mengajarkan manusia untuk
    mengimani Allah, pencipta alam raya
    beserta isinya. Hidup manusia tergantung
    pada Allah. Ada juga kepercayaan tentang
    sangkan paraning dumadi (asal dan tujuan
    manusia). Orang meninggal ditanggapi
    dengan pernyataan dari Allah kembali
    kepada Allah, atau kembali ke rumah Bapa.
    Pancasila mengajarkan penghargaan atas
    manusia sebagai pribadi. Manusia dihormati
    karena kodratnya sebagai manusia. Manusia
    adalah makhluk yang berbudaya. Padanya
    terdapat budi yang luhur, yang bersedia
    memperlakukan orang lain dengan kasih
    sayang.
    Pancasila, yang terdiri atas lima sila itu
    jelas menghormati HAM, yakni dari
    kebebasan beragama dan beribadah,
    kemanusiaan yang adil dan beradab,
    persaudaraan sesama bangsa, demokrasi
    dengan musyawarah, dan akhirnya keadilan
    sosial.
    Pancasila mengajarkan cinta bangsa dan
    tanah air. Namun, hal itu diimbangi dengan
    cinta sesama manusia. Jadi, cinta bangsa
    dan tanah air itu ada dalam kerangka
    keluarga besar umat manusia. Maka,
    benarlah kata orang bahwa human kind is
    one (kemanusiaan itu satu).
    Demokrasi Pancasila mengajarkan prinsip
    musyawarah dalam pengambilan keputusan,
    meski mungkin harus dengan pemungutan
    suara, karena tidak tercapainya mufakat.
    Dalam usaha meningkatkan keadilan sosial,
    Pancasila bukan saja memperbolehkan,
    tetapi malahan mendorong, individu
    berperan secara proaktif dalam proses
    produksi. Maka, banyak perusahaan yang
    dimiliki oleh individu didirikan.
    Pancasila tidak hanya mengajarkan
    kebahagiaan material, tetapi juga batin. Jadi,
    memburu mutu kehidupan yang berimbang:
    kebahagiaan dan ketenteraman lahir batin.
    Pancasila lawan komunisme
    Dengan mencermati ciri-ciri itu sudah
    dengan sendirinya tampak adanya
    pertentangan antara dasar filsafat dan
    ideologi Pancasila dengan komunisme. Jadi,
    antara Pancasila dan komunisme tidak
    mungkin dipersekutukan. Itu ibaratnya
    minyak dan air. Atau kucing dan anjing,
    yang tidak mungkin ditaruh dalam satu
    sangkar, karena pasti bertarung.
    Namun, andaikata pemerintah akan
    memperbolehkan adanya `komunisme di
    Indonesia dengan mencabut Tap XXV/
    MPRS/1966, itu hanya sampai taraf hidup
    berdampingan di atas landasan dasar
    filsafat dan ideologi Pancasila.
    Pengalaman sejarah menunjukkan, PKI
    pernah mengalami dan menerima Pancasila
    sebagai dasar filsafat dan ideologi negara,
    kemudian mbalelo (berkhianat). Pemerintah,
    pada tahun 1960-1965 meminta PKI agar
    memasukkan Pancasila ke dalam anggaran
    dasarnya. Karena itu, keberadaannya diakui.
    Bung Karno percaya, PKI mau menerima
    Pancasila secara lahir batin, sehingga ia
    berani mengajarkan prinsip persatuan
    Nasakom. Peristiwa G30S/PKI mengesankan
    PKI menipu presiden, para pembesar RI, dan
    rakyat yang bukan komunis.
    Studi tentang komunisme
    Kalau orang Indonesia sekarang ditanya
    mengapa saudara menentang komunisme,
    kemungkinan tidak dapat menjawab, kecuali
    mengatakan hal-hal klise, seperti
    komunisme itu ateistis, anti-ketuhanan.
    Atau, mungkin takut berbeda pendapat,
    padahal ia harus menyanyikan lagu yang
    sama, nyanyian “Anti-komunisme”. Jadilah
    orang Indonesia naif karena menentang
    komunisme tanpa memahami perihal
    komunisme.
    Supaya kita tidak naif, komunisme perlu
    dipelajari. Ia bukan momok (makhluk
    menakutkan, tetapi tidak berwujud).
    Sekolah-sekolah, setidaknya mulai SMU/
    SMK, perlu mengenalinya, bukan untuk
    menganutnya, tetapi untuk menolaknya
    secara sadar. Dengan mengenalinya kita
    justru memperkuat kedudukan Pancasila
    sebagai dasar filsafat negara. Dengan
    mengenalinya, kita tidak lagi dapat ditipu
    oleh orang-orang atau gerakan-gerakan
    komunis.
    Jangan takut jangan terima
    Ada trauma (ketakutan besar) terhadap PKI
    karena anggapan akan keganasannya dalam
    pemberontakan tahun 1948 dan 1965.
    Benarkah rakyat takut? Ataukah elite sosial-
    politik yang takut? Atau rakyat tanpa
    memahaminya dibuat takut oleh elite sosial-
    politik? Jika kita mengenali komunisme
    dengan baik, lengkap dengan kekuatan dan
    kelemahannya, kita tidak perlu takut
    berhadapan dengan komunisme.
    Pemahaman kita tentang komunisme akan
    menjadi suatu modal penting untuk menolak
    komunisme. Jadi jangan takut kepada
    komunisme, sekaligus jangan menerima
    komunisme.
    Modal penting lain untuk menentang
    komunisme adalah kemakmuran rakyat.
    Komunisme memang sangat menarik rakyat
    jelata yang miskin. Hal itu bukan saja
    terlihat dan terasa dari propaganda
    ajarannya, tetapi juga karena tindakan-
    tindakan nyata untuk mencukupi kebutuhan
    material mereka.
    Ambilah contoh RRC. Rakyat Cina berjumlah
    lebih dari 1,1 milyar. Kita tak pernah dengar
    kelaparan dan ketelanjangan di Cina. Karena
    komunisme di sana mampu memenuhi janji
    memakmurkan rayat; komunisme di Cina
    laku. Namun, supaya tetap laku, komunisme
    Cina mengalami liberalisasi. Secara fisik
    dapat mencermati busana pemimpin RRC
    sekarang, bukan jas tutup lagi seperti Mao
    Zedong dan Chou En Lai, melainkan jas
    buka seperti Bill Clinton atau Antony Blair.
    Dalam bidang ajaran, RRC juga mengadakan
    liberalisasi, seperti merebaknya kebebasan
    beragama dan beribadah. Jadi komunisme
    asli tidak ada lagi.
    Nah, selama negara dapat memakmurkan
    rakyat, rakyat/kita tak perlu takut akan
    bahaya laten komunisme. Sebaliknya, kita
    bahkan harus mampu menjinakkan
    komunisme menjadi “makhluk” baru yang
    bersahabat dengan kita yang bukan peng
    anut komunisme. Dunia kita bukan dunianya
    Stalin atau Leonid Breznev, bukan juga Mao
    Zedong dan Chou En Lai, bukan juga
    zamannya Musa dan Aidit, tetapi sudah
    zaman detente (pendekatan). Globalisasi
    tidak hanya menyangkut negara kapitalis,
    tetapi juga negara komunis dan negara non
    blok. Globalisasi itu membawa reformasi.
    Komunisme di Indonesia, kalau TAP XXV
    jadi dicabut, harus direformasi juga. Ia
    bukan saja menghormati HAM, tetapi lahir
    batin harus menjunjung tinggi Pancasila.
    Semoga uraian ini menambah wawasan
    perihal komunisme dan bagaimana kita
    yang berpegang pada paham negara
    Pancasila menyikapi komunisme.

  88. @iwan hidayat uraian yg pas dan tepat sasaran…..ngapain takut ama komunis kalo kita udah tau kelemahan komunisme?

  89. Komunis Indonesia Itu Beragama bung! PKI awalnya berasimilasi ke dalam Sarekat Islam! Jangan bodoh kalian bung!

  90. ya kalau menurut saya sukarno bukan komunis tapi setau saya yang ingin membubarkan NKRI justru itu yang komunis.wong ditimur tengah aja itu ada tanaman yg buat taman dan pelindung jalan itu tanaman pohon sukarno jaman dulu.berarti sukarno muslim kan.dan sekarang kita harus berhati hati islam indonesia mulai pecah jauh dekat terjadi revolusi hanya karna politik.

  91. Soekarno itu adalah nasionalis sejati, meskipun dia beragama islam tapi dia bukan seorang yg berpandangan agamis, dan dia juga bukan seorang komunis. Soekarno merumuskan NASAKOM (nasionalis, agamis, komunis) karena beliau khawatir akan adanya perang saudara di Indonesia bila ketiga ideologi tidak bersatu, flashback pada masa awal kemerdekaan RI , ketiga ideologi itu mengiring Indonesia menuju kemerdekaan seutuhnya, bahkan ketiganya ikut serta dalam sebagaian besar peperangan dalam merebut kemerdekaan, karena itu beliau ingin menyatukan ketiga ideologi tersebut. Hal pertama kenapa Soekarno berpandangan agamis, karena beliau adalah seorang muslim yang meyakini bahwa Allah SWT adalah Tuhan Yang Maha Esa. Kedua, kenapa beliau memasukan komunis dalam pandangannya karena beliau takjub dengan kekuatan perjuangan yang dibangun masyarakat komunis uni soviet dalam memerangi agresi NAZI Jerman kala itu, dengan kata lain beliau takjub dengan persatuan dan kesatuan masyarakat sosialis. Dalam hal itu membuat beliau berfikir untuk mencoba menyatukan ketiga ideologi tersebut, karena masyarakat Indonesia memerlukan ideologi NASIONALIS untuk menimbulkan jiwa patriotisme dalam mempertahankan kemerdekaan negara, kedua masyarakat Indonesia menggunakan ideologi KOMUNIS/SOSIALIS untuk mempersatukan hati dan jiwa bahwa kita adalah bangsa yang satu yaitu Bangsa Indonesia, dengan kata lain ringan sama dijinjing berat sama dipikul, ketiga dengan AGAMA kita akan senantiasa berdoa dan bermunajad kepada Tuhan Yang Maha Esa agar selalu diberikan kekuatan dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Nah, setelah saya uraikan semua diatas, coba anda tanya pada diri anda sendiri “APAKAH SOEKARNO ADALAH SEORANG KOMUNIS ???” Hanya anda yang berpikir cerdas yang menemukan jawabanya. Terimakasih alias Matursuwun…

  92. Союз нерушимый республик свободныхСплотила навеки Великая Русь.Да здравствует созданный волей народовЕдиный, могучий Советский Союз!Славься, Отечество наше свободное,Дружбы народов надёжный оплот!Партия Ленина – сила народнаяНас к торжеству коммунизма ведёт Сквозь грозы сияло нам солнце свободы,И Ленин великий нам путь озарил,На правое дело он поднял народы,На труд и на подвиги нас вдохновил.Славься, Отечество наше свободное,Дружбы народов надёжный оплот!Партия Ленина – сила народнаяНас к торжеству коммунизма ведёт В победе бессмертных идей коммунизмаМы видим грядущее нашей страныИ Красному знамени славной ОтчизныМы будем всегда беззаветно верны!Славься, Отечество наше свободное,Дружбы народов надёжный оплот!Партия Ленина – сила народнаяНас к торжеству коммунизма ведёт!

  93. SEKARANG TIDAK USAH MENYALAHKAN SIAPA SAJA APALAGI MENYALAHKAN SESAMA MANUSIA,SESAMA MUSLIM LAGI..! MANUSIA ITU SAMA-SAMA MAKHLUK ALLAH,SESAMA MAKHLUK TIDAK BOLEH MEMBERIKAN RAPOT,YANG BERHAK MEMBERI RAPOT MANUSIA ITU ADALAH ALLAH SENDIRI OKE…!

  94. soekarno korban kerakusan amerika trhdp kekayaan indonesia,, sp11 maret ada di tangan amerika. dan selama indonesia masih menggunakan politik demokrasi amerika maka selama itulah amerika semakin kaya. amerika sampai kapanpun akan memonitor indonesia, supaya tetap berdemokrasi lewat partai”,supaya kekuasaan mereka tetap aman. salam 2020.

  95. Buat kawan kawan yg pro Bung Karno sebaiknya merespon kritikan atau pandangan tentang Bung Karno dri kawan2 kita yg Kontra ,itu terjadi kerena kurangnya informasi mengenai Bung Karno yg mereka tau.
    Kita tdk lah perlu menebak Bung Karno adlah Komunis atau tidak.
    YANG JELAS BUNG KARNO adlah BAPAK BANGSA yg Mencintai Tanah Airnya Beliau Tidak ingin Rakyatnya saling serang krn perbedaan Indonesia.Beliau Menginginkan Rakyat Hidup Damai berdampingan.

    Salam Nasionalisme

  96. kalau Presiden soekarno komunis,tidak mungkin dia pencetus gerakan non blok,tidak memihak negara komunis dan kapitalis…

  97. indonesia ,berbanggalah ,,bung karno pernah ada dan hadir untuk kita ,,dimana dia berjuang dengan hati bukan dengan janji,,jika ada yang mnyatakan bung karno komunis maka terus terang anggapan yg salah bagi mereka.. andai mereka tau bedanya faham politik beliau maka mereka akan tertunduk sedih mnyatakan beliau komunis semua itu fitnah dan politik yg membunuh karakter beliau,,hal ini monopoli pernguasa orde baru,, dan dampak nya sekarng kita rasakan dibawah pimpinan soekarno kita jaya kita tdak diatur apapun kita lakukan sendiri tanpa cmpur tangan asing .. apa yg kita rasakan sekarang adalah bayaran pemimpin orde baru mnumbang kan rezim soekarno,,bngsa kita bnyk hutang semua bahan tambng di miliki dan di nikmati pihak asing ..dan harta kita berupa emas yg di pinjam amerika saat presiden nya jhon f keneddy tdak dapat di cairkan krena hnya tanda tngan bung karno lah yg dapat mncairkan dana itu,, semoga di masa depan ada titisan bung karno sebagai satrio piniggit mmbwa indonesia kmbali ,,dihormati di segani dan di hargai di mata dunia..amin,,

  98. Bung Karno itu Islam, tetapi ia condong kepada tradisi kaum kafir dlm urusan berbangsa & bernegara, mengikuti orang kafir adalah perbuatan yang tidak ditentang Nabi, sementara Bung Karno justru menerapkan Hukum Formal Kafirin Belanda dinegeri kita, menerapkan sistem kalender Vatican untuk penanggalan, menerapkan ekonomi Ribawi dll, ia mencampurkan kebatilan dengan kebaikan. Apakah Bung Karno pernah berperang di medan perang mengangkat senjata? Soekarno didikan sekolah milik orang kafir Belanda. Benar Ia islam, ia shalat, sesuai pesan nabi meskipun soekarno telah mengajak kita condong kepada budaya kafir dalam berbangsa & bernegara tetapi karena ia islam serta shalat ia tidak boleh diperangi. Mudah-mudahan Allah mengampuni kesalahannya.

  99. Ralat

    Bung Karno itu Islam, tetapi ia condong kepada tradisi kaum kafir dlm urusan berbangsa & bernegara, mengikuti orang kafir adalah perbuatan yang ditentang Nabi, sementara Bung Karno justru menerapkan Hukum Formal Kafirin Belanda dinegeri kita, menerapkan sistem kalender Vatican untuk penanggalan, menerapkan ekonomi Ribawi dll, ia mencampurkan kebatilan dengan kebaikan. Apakah Bung Karno pernah berperang di medan perang mengangkat senjata? Soekarno didikan sekolah milik orang kafir Belanda. Benar Ia islam, ia shalat, sesuai pesan nabi meskipun soekarno telah mengajak kita condong kepada budaya kafir dalam berbangsa & bernegara tetapi karena ia islam serta shalat ia tidak boleh diperangi. Mudah-mudahan Allah mengampuni kesalahannya.

  100. ^^^atas gw EAAAAAA KAFIRRR STROONNGGGG!!!! :P

  101. Assalaamualaikum Warohmatullohi wa barokaatuh

    saudaraku,
    salam marhaen….merdeka,
    Revolution of the end
    saya ingatkan lagi: hitam kata Bapak hitam pula kata kita….jasmerah bung! ” semoga rahmat -pemahaman sejarah yang benar- Alloh SWT limpahkan kepada seluruh putra putri bangsa ini…amiin yaa Robb “….
    saudaraku,
    penghujatan terhadap Bapak tidak akan berhenti sebagaimana penghujatan terhadap para Nabi2 dan orang2 suci hingga akhir zaman…tetapi percayalah, mereka termasuk Bapak adalah insan2 pilihan yang tinggi dan ditinggikan oleh Sang Maha Pencipta, sedangkan sikap kita saat ini?
    Bapak pernah berujar : wahai pemuda perjuanganmu nanti lebih berat dibandingkan perjuanganku, karena musuhmu adalah …….
    Visioner,…demikianlah Bapak.
    Geopolitik saat ini sangat terang benderang menunjukkan hal tersebut, oleh karenanya apakah kita tetap berdiam diri tidak melakukan apapun?
    paling tidak diawali dengan melakukan class action nyata untuk penghapusan selamanya TAP MPRS yang mendeskreditkan Bapak selama ini,
    sehingga kembali terang benderanglah ajaran dan kemuliaan harkat martabat beliau, Raden Kusno Sosrodihardjo ” Bung Karno Pemimpin Besar Revolusi Republik Indonesia “.
    saudaraku,
    sungguh saya ingatkan, saat inilah moment yang paling tepat sehingga pengertian akan Bung Karno ” Bongkar no ” secara implisit maupun explisit adalah emban tugas yang beliau berikan kepada para Marhaenis…..( semoga dapat dipahami )
    sehingga pengerucutan NASAKOM dalam bentuk MARHAENISM yang utuh penjabarannya didalam PANCASILA dapat serta merta menggerakkan bangsa ini untuk segera melaksanakan MANIPOL USDEK nya, yang dapat menyelamatkan bangsa ini dari serangan membabi butanya para NEKOLIM dengan seluruh anasirnya, saya ingatkan sekali lagi NEKOLIM dengan seluruh anasirnya…. ( semoga dapat dimengerti )
    saudaraku,
    mengapa hal ini saya sampaikan?
    NKRI yang di PROKLAMIR kan oleh DWI TUNGGAL atas nama bangsa ini, berdiri dengan pengorbanan yang sangat2 besar dari seluruh element bangsa ini, dan dengan rentang waktu perjuangan yang sangat panjang, ……saat ini detik ini
    TimurTengah dalam proses kehancurannya,
    Afrika Raya dan negara2 dalam naungan NON BLOK
    negeri kita Republik Indonesia, secuil saja saya sampaikan :
    Sipadan Ligitan tidak lagi dalam naungan NKRI,
    Reog Ponorogo, Wayang Kulit All In One, Batik, Musik Keroncong, Keris diklaim sebagai warisan budaya bangsa lain ( Malaysia ),….
    TKI/TKW di Luar Negeri banyak ternista,
    NKRI tidak berdaya……….
    saya haqqul yaqin para Marhaenis banyak yang mengerti benar romantika segala rona kepedihan yang memilukan yang banyak dirasakan bangsanya saat ini detik ini,………
    Apa yang bisa diperbuat?

    Rapatkan barisan !,…..cukupkah hanya merapatkan barisan ?

    Wassalaam,
    salam Marhaen……Merdeka !
    Revolution never die


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 140 pengikut lainnya.