Kata Mutiara Bung Karno

soekarno 039

Kumpulan Kata-Kata Mutiara Bung Karno Presiden RI

(1945 – 1966)

“Berikan aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya, berikan aku 1 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia” . (Bung Karno)

“Tidak seorang pun yang menghitung-hitung: berapa untung yang kudapat nanti dari Republik ini, jikalau aku berjuang dan berkorban untuk mempertahankannya”. (Pidato HUT Proklamasi 1956 Bung Karno)

“Jadikan deritaku ini sebagai kesaksian, bahwa kekuasaan seorang presiden sekalipun ada batasnya. Karena kekuasaan yang langgeng hanyalah kekuasaan rakyat. Dan diatas segalanya adalah kekuasaan Tuhan Yang Maha Esa.” (Soekarno)

“Apabila di dalam diri seseorang masih ada rasa malu dan takut untuk berbuat suatu kebaikan, maka jaminan bagi orang tersebut adalah tidak akan bertemunya ia dengan kemajuan selangkah pun”. (Bung Karno)

“Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya.” (Pidato Hari Pahlawan 10 Nop.1961)

“Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, tapi perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri.” – Bung Karno

“Bangsa yang tidak percaya kepada kekuatan dirinya sebagai suatu bangsa, tidak dapat berdiri sebagai suatu bangsa yang merdeka.” (Pidato HUT Proklamasi 1963 Bung Karno)

“……….Bangunlah suatu dunia di mana semua bangsa hidup dalam damai dan persaudaraan……” (Bung Karno)

“Kita belum hidup dalam sinar bulan purnama, kita masih hidup di masa pancaroba, tetaplah bersemangat elang rajawali “. (Pidato HUT Proklamasi, 1949 Soekarno)

“Janganlah mengira kita semua sudah cukup berjasa dengan segi tiga warna. Selama masih ada ratap tangis di gubuk-gubuk pekerjaan kita selesai ! Berjuanglah terus dengan mengucurkan sebanyak-banyak keringat.” (Pidato HUT Proklamasi, 1950 Bung Karno)

“Firman Tuhan inilah gitaku, Firman Tuhan inilah harus menjadi Gitamu : “Innallahu la yu ghoiyiru ma bikaumin, hatta yu ghoiyiru ma biamfusihim”. ” Tuhan tidak merobah nasibnya sesuatu bangsa sebelum bangsa itu merobah nasibnya” (Pidato HUT Proklamasi, 1964 Bung Karno)

“Janganlah melihat ke masa depan dengan mata buta! Masa yang lampau adalah berguna sekali untuk menjadi kaca bengala dari pada masa yang akan datang.” (Pidato HUT Proklamasi 1966, Soekarno)

“Apakah Kelemahan kita: Kelemahan kita ialah, kita kurang percaya diri kita sebagai bangsa, sehingga kita menjadi bangsa penjiplak luar negeri, kurang mempercayai satu sama lain, padahal kita ini asalnya adalah Rakyat Gotong Royong” (Pidato HUT Proklamasi, 1966 Bung Karno)

“Aku Lebih suka lukisan Samodra yang bergelombangnya memukul, mengebu-gebu, dari pada lukisan sawah yang adem ayem tentrem, “Kadyo siniram wayu sewindu lawase” (Pidato HUT Proklamasi 1964 Bung Karno)

“Laki-laki dan perempuan adalah sebagai dua sayapnya seekor burung. Jika dua sayap sama kuatnya, maka terbanglah burung itu sampai ke puncak yang setinggi-tingginya; jika patah satu dari pada dua sayap itu, maka tak dapatlah terbang burung itu sama sekali.” ( Sarinah, hlm 17/18 Bung Karno)

About these ads

84 Komentar

  1. kerend bro….

  2. i like this blog…

  3. Subhaanallah

  4. pemuda yg bagaimana yang di inginkan bung karno tempo dulu??

  5. Salut kepada Beliau..merdeka

  6. Mantaaaaaaapz

  7. ijin copas gan,,,,,

  8. kren bgt kta” ny

  9. Rindu Pemimpin Bangsa seperti zaman beliau

  10. Ijin Copas
    Kapan tuhan akan menurunkan pemimpin sejati seperti bung karno ?

  11. terima kasi bapak karna engkau kami bisa merasakan bau kemerdekaan

  12. Ya Allah, mudah-mudahan Hambamu ini bisa seperti beliau

  13. Izin copas gan..

  14. benar benar memotivasi

  15. BENAR2 mmbgun
    aq PENGEN “berubah”

  16. MERDEKA………………..!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  17. kt2 yg pling sya kagumi adl..
    “jgn tanyakan apa yg negeri ini berikan kpd anda tpi tanyakan apa yg anda berikan kpd negeri ini”

  18. The Best President in the world……..

  19. pada jaman orba ,indonesia lebih di kenal oleh dunia,daripda masa setelah orba…

  20. @Faiz indonesia terkenal waktu jaman ORBA ? yang boneng gan :) oh iya maksud ente mungkin terkenal sebagai rejim militer otoriter,koruptif sistemik,penindas HAM,menjual murah kekayaan alam ke industrialis barat,pemalsu sejarah,rasis,mewariskan hutang yang sangat besar ke anak cucu dll

  21. kan ku knang s’lalu pahlawanku

  22. SOEKARNO…….semerah darah sebening air mata.

  23. Kumpulan Kata-Kata Mutiara Bung Karno Presiden RI

    (1945 – 1966)

    “Berikan aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya, berikan aku 1 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia” . (Bung Karno)

    “Tidak seorang pun yang menghitung-hitung: berapa untung yang kudapat nanti dari Republik ini, jikalau aku berjuang dan berkorban untuk mempertahankannya”. (Pidato HUT Proklamasi 1956 Bung Karno)

    “Jadikan deritaku ini sebagai kesaksian, bahwa kekuasaan seorang presiden sekalipun ada batasnya. Karena kekuasaan yang langgeng hanyalah kekuasaan rakyat. Dan diatas segalanya adalah kekuasaan Tuhan Yang Maha Esa.” (Soekarno)

    “Apabila di dalam diri seseorang masih ada rasa malu dan takut untuk berbuat suatu kebaikan, maka jaminan bagi orang tersebut adalah tidak akan bertemunya ia dengan kemajuan selangkah pun”. (Bung Karno)

    “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya.” (Pidato Hari Pahlawan 10 Nop.1961)

    “Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, tapi perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri.” – Bung Karno

    “Bangsa yang tidak percaya kepada kekuatan dirinya sebagai suatu bangsa, tidak dapat berdiri sebagai suatu bangsa yang merdeka.” (Pidato HUT Proklamasi 1963 Bung Karno)

    “……….Bangunlah suatu dunia di mana semua bangsa hidup dalam damai dan persaudaraan……” (Bung Karno)

    “Kita belum hidup dalam sinar bulan purnama, kita masih hidup di masa pancaroba, tetaplah bersemangat elang rajawali “. (Pidato HUT Proklamasi, 1949 Soekarno)

    “Janganlah mengira kita semua sudah cukup berjasa dengan segi tiga warna. Selama masih ada ratap tangis di gubuk-gubuk pekerjaan kita selesai ! Berjuanglah terus dengan mengucurkan sebanyak-banyak keringat.” (Pidato HUT Proklamasi, 1950 Bung Karno)

    “Firman Tuhan inilah gitaku, Firman Tuhan inilah harus menjadi Gitamu : “Innallahu la yu ghoiyiru ma bikaumin, hatta yu ghoiyiru ma biamfusihim”. ” Tuhan tidak merobah nasibnya sesuatu bangsa sebelum bangsa itu merobah nasibnya” (Pidato HUT Proklamasi, 1964 Bung Karno)

    “Janganlah melihat ke masa depan dengan mata buta! Masa yang lampau adalah berguna sekali untuk menjadi kaca bengala dari pada masa yang akan datang.” (Pidato HUT Proklamasi 1966, Soekarno)

    “Apakah Kelemahan kita: Kelemahan kita ialah, kita kurang percaya diri kita sebagai bangsa, sehingga kita menjadi bangsa penjiplak luar negeri, kurang mempercayai satu sama lain, padahal kita ini asalnya adalah Rakyat Gotong Royong” (Pidato HUT Proklamasi, 1966 Bung Karno)

    “Aku Lebih suka lukisan Samodra yang bergelombangnya memukul, mengebu-gebu, dari pada lukisan sawah yang adem ayem tentrem, “Kadyo siniram wayu sewindu lawase” (Pidato HUT Proklamasi 1964 Bung Karno)

    “Laki-laki dan perempuan adalah sebagai dua sayapnya seekor burung. Jika dua sayap sama kuatnya, maka terbanglah burung itu sampai ke puncak yang setinggi-tingginya; jika patah satu dari pada dua sayap itu, maka tak dapatlah terbang burung itu sama sekali.” ( Sarinah, hlm 17/18 Bung Karno)

  24. Hudi ardiyanto=the next soekarno

  25. sebagai generasi penerus, mari kta buktikan komitmen kita dengan menunjukan karya nyata untuk bangsa…

  26. I love u….gak ada yg bs menggantikan sosok presiden sprti beliau….pernah saya baca artikel ketika beliau jd presiden bt renovasi rmhnya yg d jln.sriwijaya beliau sempat hutang/minta bantuan kpd sahabatnya…..contoh pemimpin yg gak gila pangkat

  27. “Kita menderita penyakit doyan omong, menderita penyakit misbegrib van democratie (kesalahpahaman demokrasi). Kita mengira omong dan kritik itulah berarti demokrasi, dan bahwa makin banyak omong makin banyak kritik itulah makin berjalannya demokrasi. Padahal bukan itulah demokrasi. (Pidato Proklamasi 17 Agustus 1959). dari buku Mutiara Kata Bung Karno.

  28. wow…keren nih blog.masih ada kata2 lain kah?
    memotivasi, walaupun masih ada kata2 yang sulit dimengerti..
    thank’s

  29. mantaaap:)
    ak fans nya pak soekarno am bung hatta..
    kata mutiara nya bung hatta ada gak ya??
    kalo ad yng tw ksi tw y:)

  30. [...] [...]

  31. oke.

  32. Orang terbaik Indonesia Sepanjang masa . . .

  33. jasa dan juang mu tetap kami rasakan sampai sekarang,,,,, mudahan engakau di tempatkan di tempat yg paling baik…..

  34. PERJUANGAN MU TAKAN TERLUPAKAN BUNG !!

    WALAUPUN SEKARANG BANYAK PEMIMPIN YANG MERUSAK CITAMU DAN KAWAN2MU KAMI GENERASI MUDA AKAN MELANJUTKAN CITA2 MU YG DULU TERPUTUS !!

    AHHHAY

  35. pak………………..
    andaikan bpak bsa hdup lgi.,,,

    ntah bgai mna khidupan kami smua,.,.

    Merdeka,.,,,!!!

  36. … masih merindukan sosok beliau …

    semoga dijaman sekarang ini terlahir SOEKARNO2 muda untuk Indonesia yang lebih baik lagi ..

  37. Mari kita bangkit jngn buat beliau menangis menatap bangsanya yang seperti ini..

  38. Bung karno adalah Presiden yang Tegas, Berwibawa

  39. ijin copaz gan…

  40. keren broo

  41. izin copi bos,….smoga presiden kedepan hadir menyungsung visi misi beliau, dan membangun jiwa…..setelah itu raga kita,….ayo bangkit..untuk INDONESIA…………………

  42. SEMOGA BELIAU BANGGA MELIHAT RAKYAT NYA ..
    MERDEKA…
    BUNG KARNO !

  43. Biliau pasti sedang menangis melihat kerakusan para penguasa……

  44. semoga aku lah soekarno masa kini
    SEMANGAT

  45. siapa yang akan menjadi penerus sokarno katakanlah dengan bangga akulah sang penerus sokarno

  46. jika…kita berniat melenyapkan koruptor di Indonesia ini SANGAT SULIT.. kecuali KORUPTOR ITU MATI dan diganti oleh generasi yang berdedikasi cinta negara.

  47. presiden yang paling aku kagumi
    1. soekarno dengan ke tegasan dan wibawaannya nya
    2. gusdur dengan ketabahan dan kebijakan nya
    presiden yang paling ku benci
    1. suharto, dia adalah orang yang rakusakan jabatan, mempalsukan sejarah (g30s), pewaris hutang, perusak bangsa

  48. Ijin copas

  49. sukarno inspirasi untuk anak muda” cintanya terhadap negri, lebih dari dia mencintai dirinya sendiri.

  50. Sungguh Bung karno sudah memberikan kita pedoman untuk sebuah bangsa yg besar.
    Tpi knpa kita tidak mengindahkannya, malah kita saling menindas, memerkosa bangsa kita sendiri.
    Sungguh miris nasib bangsa kita ini.
    Dan pasti Bung Karno pasti sedih melihat tingkah laku kita ini..
    Berubahlah engkau wahai bangsaku INDONESIA…!!

  51. mutiara soekarno keren juga ya ….. menggetarkan hati untuk mencontah Dia hehehehe

  52. kata2 mutiara beliau yg dijadikan acuan hidup aku adalah “jgn tnya apa yg telah negeri ini diberikan kepadamu, tp tanyakan apa yg telah engkau berikan kepada negeri ini..

  53. tidak akan pernah ada lagi seorang bungkarno yg menjelma di negeri indonesia tercinta ini,semua pedoman nya sangat sangat bagus,dapat dimengerti,kalau orang itu memahami makna dari kata 2 bungkarno.

  54. The Best of president

  55. i like it

  56. I like it
    YoUr Is FriEnd iS Th3 BeSt !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!?????????????????????????????????????

  57. I like it
    YoUr Is FriEnd iS Th3 BeSt !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!????????????????????????????????????? :) (^^^) :D <3

  58. SELAMAT JALAN BAPAK KEMERDEKAAN KAU TELAH TIADA TETAPI JASAMU TETETAP HIDUP

  59. Hanya Satu kata.MERDEKAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA!!!!

  60. Andaikan beliau masih ada,pasti akan menangis melihat keadaan bangsa ini yang carut marut..GOD BLESS YOU.

  61. semoga aku dapat mengamalkan kata2 bapak presiden kita soekarno

  62. Tak ada kata lain selain MANTAPS…

  63. Pancasila yang terlupakan……….!
    siapakah selanjutnya pemuda Indonesia yang di utus Allah menjadi the next SOEKARNO………..

  64. beliau yang menjadikan indonesia ada….
    beliau yang menggetarkan jiwa2 sang penjajah….
    menyuntikkan doping semangat para sang pejuang….
    terimakasich jendral….
    engkau ciutkan nyali penjajah dengan kata2mu…
    kanku teruskan semangatmu…walaupun ku tak pernah melihat wajahmu…..engkau inspirasiku…

  65. @kori BK bukan tentara gan….jadi kgk punya pangkat :) beliau PANGTI ABRI pd saat itu

  66. semua tentang mu jadi motifasi dan inspirasiku buat berkarya…

  67. ku harap ada yg lebih baik SOEKARNO untuk indonesia sekarang,,,,

  68. ku harap ada yg lebih baik dari SOEKARNO untuk indonesia sekarang,,,,

  69. Reblogged this on Dey Faith Fully.

  70. sangat luar biasa…..akan kah ada seorang presiden seperti beliou!!!!!!!

  71. you are the best in the world

  72. Andaikan bung karno masih hidup,beliau akan menangis melihat bangsa ini

  73. beliau adalah sosok yang benar2 is the best for me.

  74. Apabila Indonesia telah tiba seorang pemimpin yang bijaksana dan berwibawa serta “keras kepala” dalam memerintah, Indonesia lah yang akan menjadi negara superpower diatas Amerika…. dan yang dapat membuat Indonesia superpower adalah…. Bung Karno

  75. Sulit mencari Sosok Seperti Beliau…!

  76. “Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, tapi perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri”
    inilah yang terjadi saat ini

  77. merdeka.

  78. semangat juang beliau seprti api yang membara

  79. izin copas gan

  80. ijek penak jamanku too.

  81. slalu merdeka untuk indonesia

  82. “Ingatlah..ingatlah..ingatlah pesanku sekali lagi; Jika engkau mencari pemimpin, carilah yang dibenci, ditakuti atau dicacimaki asing, karena itu yang benar. Permimpin tersebut akan membelamu diatas kepentingan asing itu. Dan janganlah kamu memilih pemimpin yang dipuji-puji asing, karena ia akan memperdayaimu”
    -Bung Karno

  83. @arya lo dapet darimana tuh kutipan??? gw belon pernah baca atau denger deh… ada referensi yang lo bisa kasih?? setau gw BK TIDAK PERNAH ngomong kek gitu :P

  84. pemimpin yg no. 1. like that


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 163 pengikut lainnya.