Kata Mutiara Bung Karno 1

Semakin saya pelajari sosok Soekarno, semakin bingung saya untuk mengatakan siapa Soekarno sebenarnya. Adakah dia seorang orang ulung, bisa saja dia seorang yang revolusionir dalam mengubah wajah negeri ini, atau mungkin dia juga seorang ahli filsafat. Atau dapatkah juga saya katakan bahwa Bung Karno “Kombinasi” dari semuanya.
Berikut ini merupakan kumpulan kata mutiara Bung Karno yang saya pecah menjadi beberapa bagian sesuai isi serta makna yang ada di dalamnya.

Amanat Bung KarnoTentang hubungan internasional
• Politik bebas bukanlah suatu politik yang mencari kedudukan netral jika pecah peperangan; politik bebas bukanlah suatu politik netralitas tanpa mempunyai warnanya Beograd; berpolitik bebas bukanlah berarti menjadi suatu negara penyangga antara kedua blok raksasa.
[KTT NON BLÖK, Beograd 1-9-1961 ]

• Berpolitik bebas berarti pengabdian yang aktip kepada tujuan yang luhur dari kemerdekaan, perdamaian kekal, keadilan sosial dan kemerdekaan untuk merdeka. Ia adalah tekad untuk mengabdi kepada tujuan ini; ia kongruen dengan hati nurani sosial manusia.
[KTT NON BLÖK, Beograd 1-9-1961]

• Politik Non-Blok adalah pembaktian kita secara aktip kepada perjuangan yang luhur untuk kemerdekaan, untuk perdamaian yang kekal, keadilan sosial dan kebebasan untuk Merdeka.
[KTT NON BLÖK, Beograd 1-9-1961]

• Adalah menjadi keyakinan kita bersama kita bahwa, suatu polltik yang bebas merupakan jalan yang paling baik bagi kita masing-masing untuk memberikan suatu sumbangan yang tegas kearah pemeliharaan perdamaian dan pengurangan ketegangan-ketegangan Internasional.
[KTT NON BLÖK, Beograd 1-9-1961]

• “…..kita mempertahankan pendapat bahwa pembentukan blok-blok, apalagi jika berdasarkan kekuatan dan perlombaan persenjataan, hanya mengakibatkan peperangan.”
[KTT NON BLÖK, Beograd 1-9-1961]

• Kita menginginkan satu Dunia Baru penuh dengan perdamaian dankesejahteraan, satu Dunia Baru tanpa imperialisme dan kolonialisme dan exploitation de l’homme par l’homme et de nation par nation.
[Membangun Dunia Kembali To Build The World a New, 30 September 1960]

• Bangsa Indonesia (saya) berjanji pada diri Beograd untuk bekerja mencapai suatu Dunia yang lebih baik, suatu Dunia yang bebas dari sengketa dan ketegangan, suatu Dunia di mana anak-anak dapat tumbuh dengan bangga dan bebas, suatu Dunia di mana keadilan dan kesejahteraan berlaku untuk semua orang. Adakah suatu bangsa
menolak janji semacam itu?”.
[Membangun Dunia Kembali To Build The World a New, 30 September 1960]

• Dengan segala kesungguhan, saya katakan: kami bangsa-bangsa yang baru Merdeka bermaksud berjuang untuk kepentingan Perserikatan Bangsa-Bangsa. Badan itu hanya dapat menjadi effective, bila Badantersebut mengikuti jalannya sejarah dan tidak mencoba untukmembendung atau mengalihkan ataupun menghambat jalannya.
[Membangun Dunia Kembali To Build The World a New, 30 September 1960]

• Di zaman pembangunan bangsa-bangsa ini telah muncul kemungkinannya, keharusan akan suatu “Dunia” yang bebas dari ketakutan, bebas dari kekurangan, bebas dari penindasan-penindasan
Nasional.
[Membangun Dunia Kembali To Build The World a New, 30 September 1960]

• Bagi suatu bangsa yang baru lahir stau suatu bangsa yang baru lahir kembali milik yang paling berharga adalah “kemerdekaan” dan “kedaulatan”.
[Membangun Dunia Kembali To Build The World a New, 30 September 1960]

• Dunia kita yang satu ini terdiri dari Negara-negara Bangsa, masingmasing sama berdaulat, dan masing- masing berketetapan hati menjaga kedaulatan itu, dengan masing-masing berhak untuk menjaga
kedaulatan itu.
[Membangun Dunia Kembali To Build The World a New, 30 September 1960]

• Dalam hal ini kita tidak hanya berjuang untuk kepentingan kitaBeograd melainkan kita berjuang untuk kepentingan ummat manusia. Seluruhnya, ya perjuangan kita lakukan untuk kepentingan mereka
yang kita tentang..
[Membangun Dunia Kembali To Build The World a New, 30 September 1960]

• Bukanlah pion-pion yang di atas papan catur yang tuan-tuan hadapi. Yang tuan-tuen hadapi adalah manusia, impian-impian manusia, citacita manusla dan hari depan manusia.
[Membangun Dunia Kembali To Build The World a New, 30 September 1960]

• Saya serukan kepada tuan-tuan kepada semua anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa. Bergeraklah bersama arusnya sejarah, janganlah mencoba membendung arus itu.
[Membangun Dunia Kembali To Build The World a New, 30 September 1960]

• . “Sesuatu” itu kami namakan “Pancasila”, ya “Pancasila” atau Lima Sendi Negara kami. Lima Sendi/Dasar tidaklah langsung berpangkal pada Manifesto komunis ataupun Declaration of Independence. Declaration of Independence memang, gagasan-gagasan dan cita-cita itu mungkin sudah ada sejak berabad-abad telah terkandung dalam bangsa kami. Dan memang tidak mengherankan bahwa paham-paham mengenai kekuatan yang besar dan kejantanan itu telah timbul dalam bangsa kami selama dua ribu tahun peradaban kami dan selama berabad-abad kejayaan bangsa sebelum imperialisme menenggelamkan kami pada suatu saat kelemahan Nasional.
[Membangun Dunia Kembali To Build The World a New, 30 September 1960]

• Singkirkan penyelewengan terhadap kemerdekaan dan emansipasi dan ancaman terhadap perdamaian akan lenyap. Tumbangkan Imperialisme dengan segera dengan Beogradnya Dunia akan menjadi suatu tempat yang lebih bersih, suatu tempat yang lebih baik dan suatu tempat yang lebih aman.
[Membangun Dunia Kembali To Build The World a New, 30 September 1960]

• Bangunlah Dunia ini kembali! Banguniah Dunia ini kokoh kuat dan sehat! Bangunlah suatu Dunia di mana semua bangsa hidup dalam Damai dan Persaudaraan. Bangunlah Dunia yang sesuai dengan impian
dan cita-cita ummat manusia.
[Membangun Dunia Kembali To Build The World a New, 30 September 1960]

• Masalah bangsa Asia harus diselesaikan oleh Bangsa Asia Beograd dengan cara-cara Asia. Asian Problems to be solved by themselves in Asian ways.
[Konferensi Maphilindo di Manila 1963]

Salam: Revolusi

About these ads

35 Komentar

  1. Bangkitlah!!! IndonesiaKu…

  2. Dan yang utama adalah: Bangkitlah pemimpinku, negeri ini terlahir bukan dari meja perundingan, tapi diatas genangan darah dan daging para pejuangyang berserakan.

  3. aku bangga jadi bangsa indonesia

  4. kata-kata mas Sam merupakan password menuju Indonesia yang lebih baik.

    Saya juga bangga menjadi bagian dari BANGSA INDONESIA

  5. Beograd maksudnya apa ya?

  6. Soekarno adalah satria piningit sang ratuadil sang ratulangi

  7. Mudah-mudahan saya dapat mengumpulkan videonya dan dapat kita koleksi bersama

    Salam

    Soekarno

  8. Soekarno sosok yang ta tergantikan, sampai dunia ini berakhir kita tak temukan sosok sebengal beliau, Soekarno kami merindukan mu.

  9. luar biasa sekali………… semoga postingan.nya makin banyak

  10. Seperti yang Bung Karno katakan @ Negara ini dibangun bukan di hari keberuntungan, tapi dengan palu godam

  11. Aqu ingin pemimpin bangsa ini seperti Bung Karno..pemimpin bangsa sekarang ini telah membohoni rakyatnya dan tak ada yang bisa mnepati semua janji janjinya yang telah mereka katakan ………………..Bung Karno Aqu slalu MENGENANG JASA-JASAMU……

  12. sepenting itu kah sjarah,,
    sehingga kita ta boleh melawan arus itu..

  13. perjuangan blm berakhir … masi banyak penjajah d negeri ini kita hrus mncari sosok seperti beliau untuk mmbangun/ mngembalikan bangsa ini semasa beliau mnjadi penguasa pada zaman nya. …. seperti kata2 “beliau” “Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, tapi perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri.” kami pemuda indonesia akan selalu berusaha untuk menuntaskan para pnjajah di negeri ini …….. rindu ku tak bisa tersimpan lg untuk mu bung karno salam perjuangan MERDEKA ….. MERDEKA …. MERDEKA…….

  14. semoga semangat soekarno tidak hanya ada dalam sejarah tetapi selalu berkobar hingga nanti..

  15. saya merasa bangga dengan kepemimpinan bung karno.. semenjak dia menjabat jadi presiden indonesia selalu di segani dan di takuti oleh semua negara….

  16. terimah kasih, bungkarno karna engkau telah membuat indonesia maju hingga saat ini, MERDEKA…

  17. gue cm mow blang
    JAS MERAH ( jangan sekali kali melupakan sejarah )

  18. sya bersyukur dengan kemerdekaan RI . namun tetap ada pertanyaan,,siapa soekarno? siapa dibelakang nya?
    krn dia bisa mengumpulkan pemuda dari sluruh indonesia,,tentunya butuh biaya besar,,,ditengah penjaajahan di bsa berdiri tegak,,tanpa penyokong hal itu tak mungkin bisa..

  19. Soekarno di pikiranku!!!!!

  20. saya rindu akan sosok org spertimu.
    Soekarno is real the special one.

  21. NKRI harus mendirikan negara bagian agar tdk terjadi kecemburuan sosial,,,klu tdk bkn negara bagian lepaskan maluku dan irian menjadi negara sendiri,,,kami sungguh tdk pernah mendapat keadilan serta perhatian yg serius dr pemerintah,,,di Maluku dan irian sering terjadi konflik sosial yg sengaja di maikan para elit politik di tanah jawa,,,entah apa tujuan negara yg sll mendiskriminasikan kami di wilayah timur ini,,dgn berbagai rencana jahat para manusia di tanah jawa,negara ini bkn negara agama islam sj tp semua agama yg ada ini memiliki inodonesia,,,jgn memutar balikan fakta dan sejarah berdirinya negara ini wahai jawa kafir.

  22. @hakim adil ente bener dr indonesia timur?,jangan apriori ama JAWA lah..di JAWA sendiri ajah banyak ketidak adilan kok…kalo masalah “kelompok fundamentalis wahabi” yg ingin merubah indonesia jadi “islamic emirate” jangankan IRIAN dan MALUKU,sulawesi,aceh dan kalimantan pasti akan minta MERDEKA bung!

  23. kenapa dan tujuannya apa pancasila???
    pertanyaan yang harus dipahami calon pemimpin bangsa kita. “HARUS”
    KEMERDEKAAN untuk MERDEKA

  24. Suatu waktu, ketika saya kuliah di McGill University, Montreal, saya bertemua dengan seorang post-doc asal Mesir. Dia bertanya, saya dari negara mana. Ketika saya katakan dari Indonesia, dia langsung menyebut, ‘I admire your first Presiden Soekarno”. Saya tidak mengerti mengapa di negeri ini masih ada manusia yang suka membesar-besarkan kekurangannya dan mengecilkan jasanya. Kalau saja Bung Karno melawan ketika dikudeta Soeharto, entah Indonesia masih ada atau sudah tercerai berai seperti Yugoslavia.

  25. semoga cita2 sukarno dapat kulanjutkan
    Amin

  26. bung karno, negri ini krisis kepemimpinan.. tak ada pemimipin seperti beliau.. semua di jual untuk mendapatkan uang.. bodohnya para pemimpin skrg..

  27. Olehnya itu kalau mau jadi warga neraga indonesia sejati, jangan hanya koar-koar, mari bersatu, dengan menghilangkan faham kesukuan menjadi satu kesatuan yang kokoh, bukan malah melecehkan suku lain karena bangga dengan sukunya, demikian dalam hal agama.
    Indonesia adalah bangsa yang kaya akan budaya, dengan budaya inilah harus kita hidupkan, agar sejarah bangsa indonesia sebagai mercusuar dunia seperti 700 tahun lalu bahkan ribuan tahun lalu.
    Apa yang diperjuangkan bung karno adalah karena bung karno mengetahui sejarah mengenai peradaban bangsa indonesia, kalau dahulu kala bangsa indonesia adalah bangsa yang memiliki peradaban besar dan tekhnologi yang canggih sehingga bangsa-bangsa lain datang belajar ke indonesia.
    Inilah yang ditakuti oleh barat, mengenai visi misi bung karno untuk mengembalikan bangsa indonesia sebagai bangsa yang bisa mendamaikan dunia dan mensejahterakan dunia, olehnya itu kenapa bung karno berkata, “jangan sekali kali melupakan sejarah”, kalimat ini sebenarnya mengandung suatu rahasia yang harusnya kita sebagai bangsa indonesia menggali dan meneliti lebih jauh mengenai bangsa indonesia.
    Bung karno sangat tau betul bahwa bangsa indonesia adalah awal dari peradaban dunia dahulunya. itulah kenapa setiap pidatonya berapi-api dan membakar semangat rakyat indonesia.
    Bung karno hanya mengantarkan bangsa indonesia kedepan pintu gerbang kemerdekaan, jadi saat ini bangsa indonesia belum merdeka, kemerdekaan indonesia itu tatkala semua sumber daya alam yang ada di indonesia dikelola oleh negara dan digunakan untuk memakmurkan dan mensejahterakan seluruh rakyat indonesia.
    coba perhatikan pidatobung karno dibawah, pahami dan maknai, ternyata bangsa Indonesia dahulu kala adalah bangsa yang besar dan memiliki peradaban yang canggih. jadi tidak benar kalau bangsa indonesia dahulu kala adalah bangsa purba dan kolot. Yang pastinya bangsa indonesia pernah menjadi pemimpin dunia dengan kata lain bangsa yang dijadikan percontohan oleh bangsa-bangsa lain.

    • . “Sesuatu” itu kami namakan “Pancasila”, ya “Pancasila” atau Lima Sendi Negara kami. Lima Sendi/Dasar tidaklah langsung berpangkal pada Manifesto komunis ataupun Declaration of Independence. Declaration of Independence memang, gagasan-gagasan dan cita-cita itu mungkin sudah ada sejak berabad-abad telah terkandung dalam bangsa kami. Dan memang tidak mengherankan bahwa paham-paham mengenai kekuatan yang besar dan kejantanan itu telah timbul dalam bangsa kami selama dua ribu tahun peradaban kami dan selama berabad-abad kejayaan bangsa sebelum imperialisme menenggelamkan kami pada suatu saat kelemahan Nasional.
    [Membangun Dunia Kembali To Build The World a New, 30 September 1960]

  28. INDONESIA TANAH AIR KU, TETAP DI PUJA” BANGSA …

    LOVE BUNG KARNO
    forever …..

  29. aku bangga menjadi rakyat di negeri ini,. aku bangga mempunyai sosok pemimpin dan penggagas republik ini,. aku ingin menjadi seperti beliau jayalah negeriku jayalah bangsaku
    hiduplah generasi baru seperti KOESNO SOSRODIHARJO

  30. in my opinion..
    he is a good man in the world..

  31. @ SEJARAH.__ ‘ adalah guru yg dan ilmu yg tak ternilai.____ ‘ ! ”

    BUNG KARNO.__ ‘aku mengagumi mu.____ ” dapat kah engkau kembali._____ ” ? “

  32. AQ GAKDA KATA BUATMU KARNA DAH KEHABISAN KATA UNTUK MENYANJUNGMU, AQ HANYA BISA TERIAK HEEEBAAT BUATMU…. MUNGKIN LEWAT LAGU NI AQ MENGENANGMU…. http://www.youtube.com/watch?feature=player_detailpage&v=rIzN1JF28z8

  33. bapak soekarno mudah-mudahan engkau melihat bangsa indonesia ini yg trlalu byk k’jahatan politik yang sadis, kami generasi bngsa indonesia mudah-mudahan bapak soekarno d’hapuskan dosa-dosanya d’akhirat & apa yang prnh d’jalaninya pada beliau msh hidupnya yg sdh bangsa indonesia ini makmur & sejahtera yg dipimpin oleh Beliau terima kasih Almarhum bpk. SOEKARNO.
    Mudah-mudahan peminpin bangsa indonesia ini ada sprti beliau tp tau kpn ??.. & bs Memberantas krupsi yg merajalela nih amin.

    .

  34. INDONESIA tidak butuh PEMIMPIN yang hanya pandai memainkan kata sehingga terlihat luar biasa, namun INDONESIA butuh seorang PEMIMPIN yang mau berusaha dengan sekuat tenaganya, walau darah dan kasta hilang dari dirinya karena yang ada dalam hati nya ialah KEJAYAAN INDONESIA ..
    MERDEKAAA BANGSA INDONESIA …

  35. Sip betul sekali apa yang dikatakan mas Nafies,,
    sya tambahkan untuk bangsa ini,,
    Mari junjung tinggi TANAH AIR kita NO Eksis TAPI Relasis, bukan UCAPAN tapi TINDAKAN,, Merdeka


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 140 pengikut lainnya.