PRESIDEN SOEKARNO

soekarno 4

Presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno yang biasa dipanggil Bung Karno, lahir di Blitar, Jawa Timur, 6 Juni 1901 dan meninggal di Jakarta, 21 Juni 1970. Ayahnya bernama Raden Soekemi Sosrodihardjo dan ibunya Ida Ayu Nyoman Rai. Semasa hidupnya, beliau mempunyai tiga istri dan dikaruniai delapan anak. Dari istri Fatmawati mempunyai anak Guntur, Megawati, Rachmawati, Sukmawati dan Guruh. Dari istri Hartini mempunyai Taufan dan Bayu, sedangkan dari istri Ratna Sari Dewi, wanita turunan Jepang bernama asli Naoko Nemoto mempunyai anak Kartika..

Masa kecil Soekarno hanya beberapa tahun hidup bersama orang tuanya di Blitar. Semasa SD hingga tamat, beliau tinggal di Surabaya, indekos di rumah Haji Oemar Said Tokroaminoto, politisi kawakan pendiri Syarikat Islam. Kemudian melanjutkan sekolah di HBS (Hoogere Burger School). Saat belajar di HBS itu, Soekarno telah menggembleng jiwa nasionalismenya. Selepas lulus HBS tahun 1920, pindah ke Bandung dan melanjut ke THS (Technische Hoogeschool atau sekolah Tekhnik Tinggi yang sekarang menjadi ITB). Ia berhasil meraih gelar “Ir” pada 25 Mei 1926.

Kemudian, beliau merumuskan ajaran Marhaenisme dan mendirikan PNI (Partai Nasional lndonesia) pada 4 Juli 1927, dengan tujuan Indonesia Merdeka. Akibatnya, Belanda, memasukkannya ke penjara Sukamiskin, Bandung pada 29 Desember 1929. Delapan bulan kemudian baru disidangkan. Dalam pembelaannya berjudul Indonesia Menggugat, beliau menunjukkan kemurtadan Belanda, bangsa yang mengaku lebih maju itu.

Pembelaannya itu membuat Belanda makin marah. Sehingga pada Juli 1930, PNI pun dibubarkan. Setelah bebas pada tahun 1931, Soekarno bergabung dengan Partindo dan sekaligus memimpinnya. Akibatnya, beliau kembali ditangkap Belanda dan dibuang ke Ende, Flores, tahun 1933. Empat tahun kemudian dipindahkan ke Bengkulu.

Setelah melalui perjuangan yang cukup panjang, Bung Karno dan Bung Hatta memproklamasikan kemerdekaan RI pada 17 Agustus 1945. Dalam sidang BPUPKI tanggal 1 Juni 1945, Ir.Soekarno mengemukakan gagasan tentang dasar negara yang disebutnya Pancasila. Tanggal 17 Agustus 1945, Ir Soekarno dan Drs. Mohammad Hatta memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Dalam sidang PPKI, 18 Agustus 1945 Ir.Soekarno terpilih secara aklamasi sebagai Presiden Republik Indonesia yang pertama.

Sebelumnya, beliau juga berhasil merumuskan Pancasila yang kemudian menjadi dasar (ideologi) Negara Kesatuan Republik Indonesia. Beliau berupaya mempersatukan nusantara. Bahkan Soekarno berusaha menghimpun bangsa-bangsa di Asia, Afrika, dan Amerika Latin dengan Konferensi Asia Afrika di Bandung pada 1955 yang kemudian berkembang menjadi Gerakan Non Blok.

Pemberontakan G-30-S/PKI melahirkan krisis politik hebat yang menyebabkan penolakan MPR atas pertanggungjawabannya. Sebaliknya MPR mengangkat Soeharto sebagai Pejabat Presiden. Kesehatannya terus memburuk, yang pada hari Minggu, 21 Juni 1970 ia meninggal dunia di RSPAD. Ia disemayamkan di Wisma Yaso, Jakarta dan dimakamkan di Blitar, Jatim di dekat makam ibundanya, Ida Ayu Nyoman Rai. Pemerintah menganugerahkannya sebagai “Pahlawan Proklamasi”.

68 Komentar

  1. salut buat blog nya, bise ikut ngerasa akan masa2 perjuangan beliau…
    semoga bisa update trus…

  2. Trims atas kunjungan mas: Paret Agung Sanjaka

    Ok terima kasih atas sarannya, saya akan mencoba untuk selalu mengupdate blog ini.

    Saya tunggu kunjungannya dilain waktu.

  3. Sahabat saya Toto Suryawan Soekarnoputra adalah anak kandung Bung Karno yang lahir dari Ibu Kartini Manoppo. Mengapa dicantumkan dalam tulisan Anda?

  4. Pro sdr: Suezyanro
    Trims atas koreksinya. Dalam hal ini saya mencantumkan para istri bung Karno yang banyak mendampingi Bung Karno dalam acara resmi kenegaraan atau paling tidak mendampingi Bung Karno dalam usia senja.

  5. salam hangat untuk penulis profil soekarno.saya priska asthoputro,ingin menyampaikan sedikit informasi,tetapi mohon maaf menyimpang dari blog ini saya berharap siapa tau penulis blog ini dekat dengan.keturunan presiden soekarno.sehingga bisa menyampaikan informasi ini.saya hanya ingin menyampaikan apa yang teman saya sampaikan dalam obrolan mistik dengan saya.teman saya menyampaikan dengan saya bahwa saudara teman saya mempunyai barang mistik yang bernama KANTONG MACAN,yang kegunaanya bisa menembus antar kamar,antar kota,antar negara sekalipun dengan hanya berapa menit.barang ini akan di alih rawatkan/di hibahkan dengan mahar tidak mematok nominal harga apabila orang tersebut masih keturunan darah soekarno.karena hanya yang keturunan soekarno yang boleh dan bisa.kenapa barang tersebut hanya keturunan soekarno yang bisa mungkin itu rahasia seorang presiden soekarno yang kharismatik yang hanya mistik barang itu yang tau.sekian informasi dari saya mungkin keterangan lebih lanjut hub nmer saya 085643109111.apabila tidak berkenan saya mohon maaf

  6. saya tidak keturunan Soekarno. tetapi, saya pernah mendengar benda itu dari mimpi juga….. soekarno pula. tapi saya tidak mengerti. saya hanya mewarisi sesuatu yang orang lain tidak punya. saya terima dari tangan soekarno sendiri… sungguh di luar nalar memang. tapi itu kenyataan….

  7. mengenai harus keturunan soekarno, itiu tidak benar. hanya belum menemukan jodonya saja…

  8. sudah lama saya mencari foto-foto sukarno,soalnya orang tua saya ngefes banget sama sukarno,saya minta ijin ambil foto-foto nya buat koleksi

  9. salam MERDEKA, sampai saat ini tidak ada pemimpin yang tegas selain Ir. Soekarno

  10. Disuatu saat nanti akan ada pengganti beliau yang Kharismatik dan tentunya berJUANG untuk RAKYAT dan RAKYAT.

    Sekali lagi untuk mu RAKYATKU………………………………………

  11. mantab blognya..terus menulis yah…salam kenal

  12. Untuk: susiloadysaputro

    Trims kamu mau mampir. Salam kenal juga dari aku.

    Salam: Ki Semar

  13. salam merah putih, merdeka 7x

  14. mantab blog-nya,,ijin share y,,dengan menyertakan sumbernya

  15. Alhamdulillah saya Umar hadi wijaya bin slamet santoso dapat mengisi komentar dari blog ini. Saya senang dan bangga bisa ikut menikmati sejarah dari sang proklamator dari foto-foto yang mengagumkan..

    dari sini ku sadar indonesia sangat lah kaya, dan saya dengan entitas-entitas bangsa siap untuk melanjutkan program untuk kemakmuran rakyat dari bangsa indonesia. saya yakin dan percaya dengan karakter personal dari entitas bangsa yang jujur, amanah, hemat, serta terlaksana karakter kelompok yang rukun, kompak, kerjasama yang baik, maka dengan kekuatan tersebut disertai kekayaan ‘5 star Agro’ yang di miliki bangsa ini, yang dapat di optimalkan menjadi barang akhir serta dapat kita lakukan bersma-sama secara nasional melalui usaha bersama… maka inilah yang menjadi jawaban revolusi ekonomi guna kemakmuran rakyat indonesia.

    jabat erat persahabatan
    Salam revolusi

  16. TIDAK ADA PRESIDEN YANG SEPERTI BUNG KARNO DI INDONESIA….MAKASIH UNTUK BLOG INI,SEMOGA UPDATE TERUS…..

  17. terima kasih banyak terhadap pembuat situs blog ini… luar biasa koleksinya… salam hormat

  18. mantab blog-nya,,,ijin mengikuti

  19. Semboyan-semboyan Beliau Gokil…
    Buat orang semangat..

  20. Dari membaca hasil pers confrn Ibu Dewi dengan beberapa wartawan media dalam dan luar negeri ternyata Bapak Bangsa Indonesia yang menghabisi jg anak Bangsa Sendiri…..Terlalu…..!

  21. Assalamualaikum wr.Wb ya mudah mudahan bangsa indonesia memiliki pemimpin bangsa yang mencintai bangsanya seperti pa soekarno…Amin,..

  22. Mksi buat pnulis…,saya jdi bnyak dpat info tntag sang proklamator. O ya mhon izn ngdwnload fto nya..

  23. Mksi buat pnulis…,. O ya mhon izn ngdwnload fto nya..

  24. menurut riset ternyata Soekarno lahir di Surabaya bukan Blitar

  25. Untuk meluruskan sejarah sekarang dan deterusnya, tolong di ralat tempat Bung Karno lahir bukan di Blitar tapi di Surabaya seperti tertulis di dalam biografi Bung Karno

  26. Super blognya, saya lagi baca2 tentang Soekarno dan mencari foto2 soekarno untuk di koleksi. untuk itu saya minta izin untuk mendownloadnya.
    semoga yang benar menemukan kebenarannya.
    menemukan kembali jati diri bangsa.

  27. semoga indonesia dipimpin oleh orang2 seperti bung karno kembali, mudah mudahan saya doakan ada dikemudian hari

  28. Bangsa indonesia pasti merindukan sosok pemimpin yang mempunyai cara, sifat, maupun action dalam kepemimpinan seperti beliau. termasuk saya,,
    andai sahaja TKI tidak berkhianat,, mungkin beliau akan lebih baik untuk dikenang, dan tidak perlu terasa sayat luka yang rakyat tidak tahu hingga akhir hayatnya.

    Orang bilang, manusia seperti Bung Karno itu terlahir hanya sekali.. :((
    selamat Jalan Bung,, semoga ruh mu tenang dialam sana.
    kami berharap munculnya Pemimpin negeri ini dikemudian hari,, hingga negeri ini bisa menjadi negara yang Maju membumbung tinggi dihadapan dunia seperti Mercusuar, seperti yg bung ucap dulu 0:)

  29. hmm..
    terima kasih atas biodata soekarno nya mas..
    krn sngat membantu melestarikan sejarah INDONESIA !!

  30. founding father 😉

  31. Mungkin sampai saat ini saya tidak banyak mengetahui tentang soekarno yang menjadi pahlawan dari sgala pahlawan,,,
    Karna BLOG Ini saya bisa sdikit banyakNya tahu tentang soekarno..!!
    Yang Jadi petanyaan saya stelah menyimak dari semua komentar sahabat kita di atas, Apakah benar Benda-Benda yg berbau mistis Itu ada yang menyangkut pada sosok soekarno?
    tlong jlaskan tentang hal ini.

    trimakasih salam INDONESIA…!!!

  32. tolong admin mengganti tempat kelahiran BK! ia lahir di SURABAYA (gang peneleh) bukan di BLITAR! 😦 distorsi sejarah ini dibuat oleh pusat sejarah ANGKATAN DARAT dalam rangka DESUKARNOISASI….sekali lagi tolong diperhatikan demi pelurusan sejarah

  33. ass,para pejuang muda yg msih peduli dengan perjuangan beliau bung karno,z fidarso asal kab.wakatobi,kec. kaledupa tpatxa di desa kalimas yg kini z tinggal di kendari sultra dalam silam waktu yg belum di tentukn krna hrus mexelesaikan studi z di universitas haluoleo(fak.teknik) jurusan d3-teknik sipil….
    keluarga z mempuxai keris yang kami percayai bahwa keris tsb adalah merupakan salah satu peninggalan ir.soekano waktu dulu beliau berlayar di pulau maluku utara tepatxa di talaibo,dlu kakek z terkenal sbg tabib pexembuh berbagai pexakit kulit,walaupun kakek z dlu nda terkenal kayak tabib2 yang ada didaerah sana….!
    pada waktu itu beliau(soekarno) melakukan pelayaran diwilayah maluku utara tsb,dlm prjlanan bilau di kena penyakit kulit dan rekan2 sepelayran beliau harus singgah di suatu tempat guna mengobati bung karno tsb,n tempat yg mereka singgahi tersebut kebetulan tempat dimana kakekq tggal…..tptxa di ngile taliabo barat,dgn kebingungan para rekan beliau mencri tabib di tempat yg sangat asing bagi merka,akhrxa merka9rekan2 bung karno)menyampaikan sayembara bahwa barang siapa yag bisa menyembuhkan soekarno maka dia akan di berikan sesuatu oleh bung karno sbgai tnda mata krna telah menyelamatkan nyawa soekarno,
    akrxa sayembra tsb tba di telinga kakek z…dan tanpa berpikir panjang kakek saya segera menemui rekan bung karno yg berjaga di suatu t4 dimna bung karno dirawat..
    dengan rahmat tuhan yg maha esa akhrxa bung karno bisa disembuhkan oleh kakek z…dan tuk menepati janjixa bung karno memberikan sebilah keris yg selalu di bawanya kemanapun ia pergi!!n belau juga berpesan “BILA ANKMU LAHIR(krna dlu nenekq masih mengandung)berikanlah nama yg di belakangxa adalah sbgian nmaq(kata bung karno)yg dimna ank tsb yg nntixa akan membawa perubahan dalam keluarga kalian”singkat cerita nenekq melahrkan n mama z(smpai skarng ini)diberi nma MASNO.
    percaya atau tdk percya keris itu memang da n nyata ada sma keluarga kami,dan kami msih menyimpanxa hingga skarnang n kami jadikan sebgai bnda yg di turunkan secara turun temurun,anehxa benda tersebut tiap kali menjelang bulan purnama MATA KERIS TERSEBUT BERCABANG 2 dan hingga skarng keris trbut mempuxai cabang 3..

    kami berharap dari pihak keluarga besar ir.sokarno,dan kami harap yang menemui kami tersebut adalah ibu MEGAWATI SOEKARNO PUTRI SNDRI krna mengingat jagn sampai benda tsbut berpinda tngan pada orang yg bukan dari keluarga ir.sokarno sendiri,dan bagi yg bila mana nanti ada salah satu keluarga dari pda beliau yg membuka blog ini, untuk segera menemui kami di kediaman kami sprti yg z sudah cantumkan di atas atau melalui kontak 085696271627,untuk di tempatkan di museum dan kami tidak memasang harga sepersenpun yg penting YG MENEMUI KAMI TERSEBUT ADALAH IBU MEGATI SOKARNO POETRI SENDRI.
    TRIMS……..

  34. blog nya bagus..
    ijin mengikuti..
    Smoga indonesia dapat pemimpin yang tegas,yg memakai prinsip bhineka tunggal ika,juga bisa mnjunjung pancasila.
    saya cinta,bangga soekarno-hatta.

  35. Gambaran riwayat hidup Bung Karno diujung atas itu kurang lengkap. Bung Karno kebanggaan bangsa kita itu bukan hanya Insinyur pribumi pertama tamatan Technische Hogeschool Bandung jaman Blanda dulu tetapi adalah kepala negara kita pertama dan satu2nya yang menyandang gelar DOKTOR-INGENIEUR Honoris Causa (Doktor-Ingenieur kehormatan) dari TU-Berlin (Universitas Teknik Berlin) dibulan Juni tahun 1956 !!!
    Fakta ini adalah sesuatu yang kurang diketahui oleh khalayak Indonesia, sayangnya. Berlin-Barat waktu itu daerah pendudukan Amerika, Inggris dan Prancis yang terletak ditengah-tengah daerah Jerman-Timur yang dikuasai Uni Sovyet.
    Saya sesalkan sekali, bahwa fakta yang patut kita banggakan ini dikalangan perwakilan negeri kita sendiri di Jerman pun tak dikenal. Saya memiliki 14 foto yang saya peroleh dari arsip TU Berlin yang tahun lalu kemudian kuberikan pada Attase Kebudayaan KBRI di Berlin guna memperkaya pengetahuan mereka mengenai Pahlawan Nasional kita ini.

  36. MEMANG IS THE BEST BAPA KU.,

  37. Saya sering bertemu dengan Pak Romo Doesyanto Sp, beliau mengaku anak pertama Bung Karno, dia anak Tuti wartini dia keturunan bali namun asli sumedang, ketika hubungannya sedang terjalin tiba-tiba ibu inggit garniasih datang, anak pertama ini lahir di mojokerto, sampai saat ini pak Romo masih menyimpan buku-buku peninggalan bung karno, masih banyak penjelasan yang saya dapatkan dari Pak Romo..

    bisa menghubungi saya 087827734159.. saya belum sempat kerumah pak romo namun saya disuruh. bagaimana tanggapan anda mengenai ini tolong jawab ya,,, terima kasih
    salam terhangat Pengagum Bung Karno

  38. Sungguh, kecintaannya pada negri ini tiada banding..bahkan dari semua presiden-presiden setelahnya..

  39. Melu maca

  40. nDherek sinau sejarah… maturnuwun.

  41. khusus tuk pak radi2412 maju terus gali dan termukan butiran mutiara jejak pak karno yang tserak di bumi ini.saya di belakang anda

  42. mantap gan..lanjutkan penggalian sejarah.. msh byk sisi2 laen dr bung karno yg blm trungkap

  43. siapa yg punya fotowarnanya Bung Karno sang proklamator, ini dibingkai dirumah, ada ada tlg kirimkan ke emailku: poniman21@gmail.com terima ksih.

  44. Penghormatan besar saya haturkan kepada Bapak Proklamator Negeri ini
    betapa besar upaa yang telah Beliau lakukan
    betapa berat rintangan yang telah beliau hadapi
    terutama dalam menyatukan negeri ini.
    semoga, kami generasi muda senantiasa dapat mengikuti jejak2 kepahlawanan dalam mengukir sejarah Indonesia dimasa depan

    terimakasih untuk Admin atas Share nya.

  45. Salam Merdeka!!!
    Stlh sy melihat n m’bacana,ni blog yg bnr2 hrs d p’tahankn isina…
    Blog yg b’isi ttg sejarah Perjuangan Bung Karno yg blm tntu smua org tau sberapa bsar p;uangan Beliau untuk Indonesia…

    Sejarah…sejarah n cerita sejarah..sekan takkn prnh selesai jk qt m’dgr dr cerita sejarah mulai awal b’dirina Indonesia…
    Begitu jg dg Soekarno n P’juanganna…tak akn ad habisna jk qt m’dgr cerita ttg p’juangan Beliau…
    Stidakna apa yg d katakn Bung Karno tu bnr…Jas Merah…Jgn skli2 melupakn sejarah…
    Dr jaman ke jaman,p’juangan beliau sll mjd bahan/topik p’bandingan dg pemimpin2 saat ni…
    Marilah qt meneladani semangat nasionalisme yg d miliki Soekarno…
    Jadikn negeri ni sbg negeri yg gemah ripah loh jinawi bg masyarkatna n bkn utk segelintir org, kelompk ato apapun yg jstru ingin m’perkaya diri…

  46. Bung, adakah memiliki video Bung Karno saat pidato Pancasila di kongres amerika yg dapat sambutan meriah? susah sekali saya cari… dulu lihat saat pameran bung karno di cikini…

  47. Blognya keren. Sudah lama mencari dan akhirnya ketemu juga sejarah mengenai Bung Karno yang bisa dibilang terlengkap. Terima kasih buat adminnya.

  48. maaf
    sepertinya ada yg perlu diralat. setahu saya dr buku soekarno-penyambung lidah rakyat,oleh cindy adam. bungkarno dilahirkan d surabaya.
    tapi karena beliau d makamkan d blitar oleh pemerntah orba,jadi kesannya bungkarno jg d lahrkan d sana.
    terimakash

  49. Tidak ada yang sia-sia dari perjuangan beliau. Kiranya banyak yang harus kita teladani dari hidup beliau.

    Salam Soekarno

  50. sy begitu merindukan pemimpin seperti beluau, entah kapan itu semoga Indonesia segera mendapatkan sosok seperti beliau untuk mempersatukan bangsa ini

  51. Saya merasa bangga punya bapak bangsa seperti Soekarno dengan ideologi Pancasila nya..salam hangat

  52. Oiya, masalah tongkat komandonya soekarno belo dijelasin, sama penggatian nama soekarno yang suka sakit2tan swaktu kecil, dan peluru yg meleset mengenai soekarno di saat beliau sholat.

  53. setahu saya soekarno itu lahir di surabaya dan tidak pernah tinggal di blitar. hanya dikuburkan saja di blitar, dekat makam ibunya. mohon info teman2 dengan narasumber yang jelas. tks

  54. Salam kenal untuk penulis blog ini terus terang saya sangat kagum dengan anda yang menyimpan semua foto maupun artikel yang berkaitan dengan tentang Bung karno,
    Kebetulan saya bekerja di UPT Perpustakaan Proklamator bung Karno Kota Blitar yang banyak menyimpan koleksi non buku dan buku mengenai Bung Karno, jika anda ada waktu luang monggo mampir ke Blitar, saya liat dari Blog anda sepertinya anda pengagum Bung Karno.
    Sekian Tks salam revolusi

  55. salut sama blog ini…
    terima kasih pena soekarno

  56. bung karno adalah sosok pemimpin yg sangat berani.smg ada pemimpin seperti beliau.

  57. Sekali merdeka tetap merdeka! Merdeka! Merdeka! Merdekalah selama-lamanya
    Bangbang Risyanto
    alamat kampung sukamulya RT 02 RW 02 Desa Sukamulya kecamatan Pangatikan kabupaten Garut JAWA BARAT
    0817-629-706

  58. Sekali merdeka tetap merdeka! Merdeka! Merdeka! Merdekalah selama-lamanya
    Bangbang Risyanto
    alamat kampung Sukamulya RT 02 RW 02 desa Sukamulya kecamatan Pangatikan kabupaten Garut JAWA BARAT

    0817-629-706
    SALAM TRISAKTI

  59. Berasa ada di detik2 pembacaan proklamasi.. semoga blog ini bisa memberikan informasi ke pada semua org tentang bung karno…
    SALAM BARINJAM

  60. Terima kasih, dengan kehadiran blog ini, banyak yang bisa tau tentang sosok Pahlawan Bangsa kita ini, semoga Blog ini tidak luput di hujan dan tidak legang di hujan.

  61. walaupun jasad bung Karno telah wafat, tapi semangatnya akan tetap dan akan terus hidup.. trima kasih pak atas :
    ‘)

  62. Bung karno lahir d Surabaya. Dmikian. Tks

  63. SUKARNO. Diawali dengan keSUKARan dan kesulitan pada saat masa mudanya meraih Kemerdekaan Bangsa.
    BUNG KARNO. MemBONGKAR segala bentuk penjajahan/imperilaisme pada Bangsa RI maupun Dunia.
    PAK KARNO. Menjadi PAKAR seorang Pemimpin Revolusioner negara terhebat sepanjang masa. Bahkan banyak revolusiner2 negara luar yang datang untuk berguru dan menimba ilmu darinya.

    Dia Pak Karno. Presiden yang sama sekali tidak aku rasakan masa kepemimpinannya. Saya lahir di-era ’90an. Tapi sungguh saya sangaaat merindukan kehadiran sesosok Pak Karno. Seorang Pemimpin Bangsa yang dicintai Rakyatnya baik bahkan sampai ke-generasi yang sama sekali tidak merasakan masa kepemimpinannya.

    Itulah yang sesungguhnya Presiden.

    Kami cinta Bpk. Sukarno.

  64. Hallo,
    saya mungkin boleh bertanya tentang profil blog ini siapa yang nulis ya?lalu bagaimana dengan ke-valid-an isi blog ini?sumbernya dari mana ya?
    Terima kasih.

    Salam

  65. asalamualaikum wr wb

    TULISLAH TENTANG HITAM PUTIHKU DAN BIARKAN SEJARAH YANG MENJAWAB

    Apa benar banyak orang yang mengakui soekarno belum meninggal dunia.bahkan ada yang mengaku sendiri didepan saya dia bertemu soekarno….
    dan anehnya saya juga bertemu sendiri dengan soekarno.

    wallohu alam..

  66. styles Indonesian furniture and Architectural Panel knock down-teakwood
    Home interior Desigh: Joglo Home Modern Javanese
    We Also Accept Orders for Making Pendopo, Resto, Villa,Residential,Gazebo,
    homestay,cottage,Natural modern interiors Natural
    eclectic , rustic, recycled, handmade.
    Design consultation by clicking on whatsapp mulya jati teak is beautiful

  67. Foto close up ini mengingatkan babak
    soekarna berdomisili di kota subang,beliau bertemu sewaktu istrinya bersalin diruang 17 Rs hasansadikin 1979,satu ruangan dgn ibu saya sewaktu bersalin kelahiran adik saya,istri beliau kalau sekarang persis mirip ibu iriana jokowi,apa betul


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan komentar